Tekno Otomotif

150SS Racer, Si Naked Klasik Misterius dari Honda

Sebuah kebocoran informasi produk Honda terjadi di Thailand. Untuk sementara mari kita sebut namanya sebagai 150SS Racer saja. Adalah sebuah motor klasik modern yang berdesain ‘sangat tidak Honda.’ Kenapa bisa demikian?

Ya, karena jika sekilas melihat desainnya kita akan teringat dengan varian Ducati Scrambler atau Yamaha XSR900 namun dengan kubikasi mesin yang jauh lebih kecil. Sesuai dengan namanya, motor ini dipastikan akan mengusung mesin 150cc yang justru menjadi daya tariknya.

Berawal dari motor konsep yang dipajang Honda dalam ajang Bangkok Motor Show 2017, tanpa banyak gembar-gembor tiba-tiba bocorlah foto versi produksi massal sang klasik modern. Seperti sedang dalam pembuatan iklan, bisa dipastikan tak berapa lama lagi motor ini akan segera dirilis Honda Thailand. Masalahnya ya itu, tak ada informasi lebih selain hanya spy shot.

cbracer

Teaser yang terus menerus bocor di dunia maya menampilkan bagian mesin 150SS Racer | Istimewa

Ada tiga fitur menarik dari 150SS Racer yaitu shock depan upside down, full digital speedometer dengan indikator gear serta konsumsi bensin rata-rata, dan swing arm racing aluminium. Tiga fitur ini dijamin akan membuat banyak orang jatuh hati, apalagi bagi kalian yang memang fans berat Honda.

Mungkin tidak sama plek satu genre desain tapi tak perlu diragukan lagi, Honda melahirkan 150SS Racer pastinya untuk menghantam pasar Yamaha Mslaz (Xabre) di Thailand. Pasar yang sangat segmented, namun memiliki basis yang kuat jika dibangun sejak dini.

Kelahiran 150SS Racer ini bagus karena entah mengapa beberapa tahun belakangan Honda seperti melakukan reformasi pada sisi desain produk. Dimulai dengan lahirnya All New CBR250RR yang kaya fitur dengan desain sport yang bengis, dan kali ini 150SS Racer.

scrambler

Desainnya tidak akan jauh-jauh dari ini cuma dengan kubikasi mesin kecil | Ducati

Apapun itu yang penting sekarang kita bisa memasukkan Honda sebagai salah satu produsen yang lebih mempertimbangkan desain. Mereka tak lagi bermain di tagline bandel dan irit, jadi pabrikan lain seperti Yamaha dan Kawasaki wajib khawatir dong ya?

Sekarang hanya   ada dua pertanyaan besar bagi kita di Indonesia. Apakah Honda juga akan merilis 150SS Racer di sini? Dalam waktu dekat sepertinya tidak bro, karena pihak AHM sendiri mengakui jika tidak berencana untuk memasukkan 150SS Racer ke Indonesia.

Kalau mau pakai jalan pintas ya kalian bisa impor langsung dari Thailand dengan harga yang tentunya lebih galak. Tapi ya agak hati-hati, kalian masih ingat cerita Yamaha Fino dan Honda Sonic tentunya.

Kadang produsen roda dua tanah air masih ngeri-ngeri untuk tes pasar sehingga mereka hanya mau menjual produk yang sudah pasti laku saja. Produsen Thailand? Jangan ditanya bro, mental leader mereka harus diakui lebih baja. Mungkin itulah kenapa varian produk keren lebih banyak lahir di sana ketimbang di sini.