Gaya Lanang

5 Model Jaket Kulit Pria yang Kece

Jaket kulit atau leather jacket pasti sudah tak asing lagi di telinga sobat lanang semua. Kulit sebagai bahan utama dalam fashion pun sudah ada sejak lama, mulai dari jaket, sepatu dan aksesori lainnya. Jaket kulit sudah ada sejak awal tahun 1900-an yang pertama kali digunakan oleh militer.

Dalam ulasan kali ini Lanang Indonesia ingin mengulas lebih dalam apa saja model jaket kulit yang belum banyak diketahui. Karena berdasarkan pengalaman, kebanyakan pria entry level menyebut semuanya sama yakni jaket kulit. Padahal jaket kulit memiliki beberapa model, apa saja?

Double Rider Motorcycle Jackets

jaket2222

Dari sekian banyak jaket kulit mungkin model inilah yang paling ikonik dan disukai. Jika melihat modelnya sobat lanang pasti langsung mengenalnya. Jaket ini banyak digunakan oleh grup band, seperti Gun’s n Roses, The Rolling Stones dan Ramones.

Tak jelas sejak kapan jaket ini dibuat, namun jaket ini pertama kali dipopulerkan oleh aktor legendaris Marlon Barando dalam film The Wild Ones tahun 1953. Karena hal ini juga akhirnya double rider motorcycle jackets menjadi ikon jaket untuk dipakai saat berkendara.

Belakangan jaket untuk berkendera terbagi menjadi dua, yakni double rider motorcycle jackets yang biasa digunakan pengendara motor model klasik seperti Harley Davidson dan kawan-kawan. Satunya lagi ialah model motor racer jackets yang digunakan oleh pengendara motor sports, biasanya jaket ini lebih simpel dan memiliki bagian kerah yang pas di leher.

Bomber Flight Jackets

jaket4444

Inilah model jaket kulit yang pertama kali ada. Jaket ini dulunya digunakan oleh para pilot pesawat tempur. Jaket kulit ini memiliki kerapatan yang sangat baik, hal itu bisa dilihat dari adanya karet pengencang di lengan dan pinggang. Ini bertujuan untuk melindungi badan pilot dari tekanan udara yang tinggi saat terbang.

Jaket model ini pernah mencapai masa kepopulerannya ketika aktor tampan Tom Cruise menggunakannya dalam film Top Gun tahun 1986. Kini Bomber Jacket juga banyak dibuat dari bahan lain.

Fatigue

jaket3333

Jaket model ini sering digunakan sebagai pelapis ekstra, itulah sebabnya mengapa jaket model ini memiliki ukuran yang selalu longgar. Jaket ini memiliki kancing berukuran besar, kantong  yang besar serta aksesori tambahan berupa ikat pinggang.

Cattleman Jackets

jaket6666

Jaket kulit yang satu ini mungkin agak berbeda dari jaket kulit yang lainnya dari sisi material. Cattleman biasanya menggunakan kulit bagian dalam atau suede, sehingga membuatnya menjadi lebih lentur dan nyaman. Jaket ini menjadi jaket wajib para cowboy di masa lalu. Sesuai dengan namanya, jaket ini terinspirasi dari pakaian yang biasa digunakan oleh para peternak di Amerika Serikat.

Duster

jaket5555

Jaket ini tak bedanya seperti jubah, panjang dan menjuntai sampai kaki. Jaket sangat pas untuk melindungi pakaian kita terkena cipratan saat hujan atau yang lainnya. Jaket ini mungkin akan memberi kesan misterius kepada si pemakainya. Hal itu karena jaket ini sering digunakan oleh para gangster berdarah dingin dalam film-film Hollywood.