Gaya Lanang

Bisakah Pria Mencukur Alis untuk Stylish?

Terdengar menggelikan bagi banyak pria karena berkesan feminin. Tapi percayalah, jika jejeran aktor atau selebgram yang memiliki proporsi wajah pas (ganteng .red) mendapat banyak bantuan dari bentuk alis yang dirapikan.

Terdengar seperti konspirasi? Tidak bro, karena di balik penampilan keren kebanyakan public figure, ada pasukan yang bertanggung jawab untuk memastikan para panutan ini tak bercela di depan kamera, termasuk bentuk alis yang tertata rapi.

Ada dua manfaat mencukur alis bagi pria. Manfaat pertama untuk kerapian. Ini tentu menunjang penampilan profesional, khususnya bagi yang kerap bertatap muka dengan mitra atau klien. Siapapun akan lebih senang memiliki alis yang rapi daripada lebat namun awur-awuran.

Sedangkan manfaat kedua untuk estetika. Pertumbuhan rambut alis tak selalu sesuai dengan bentuk wajah sehingga perlu diseimbangkan. Membentuk alis dengan mencukurnya juga berfungsi untuk mempertegas kegantengan kalian.

Jika hendak mencukur alis untuk pertama kalinya, saya menyarankan keterlibatan jasa profesional. Ya, saya tahu kalian pasti bisa melakukannya sendiri. Namun, para make up artist di berbagai salon kecantikan jauh lebih terlatih. Mereka memberi hasil yang lebih akurat dan indah. They’re not called make up artists for nothing.

Mengunjungi salon kecantikan membuat Kalian risih? Panggil saja staf mereka ke rumah.

Mencukur alis bisa itu sangat krusial dan bila dilakukan dengan keliru dapat berakibat fatal. Ini diungkapkan Jamillah, seorang make up artist yang telah berpengalaman dalam berbagai pemotretan mode beberapa ritel ternama. Menurutnya, kalian harus menyesuaikan bentuk alis dengan bentuk wajah.

Bentuk alis yang flat atau datar, misalnya, cocok bila kalian mempunyai bentuk muka oval seperti Sandiaga Uno. Efek horizontalnya akan memberi ilusi seimbang bagi wajah yang panjang.

Bentuk alis angular ditujukan bagi pria berwajah bulat seperti Raffi Ahmad. Bentuk alis ini menonjolkan struktur tulang muka sehingga karakter wajah lebih terdefinisi.

Bentuk alis dengan lekukan yang sangat kecil paling pas dengan wajah berbentuk hati, seperti Dion Wiyoko. Alis sebaiknya tidak tipis karena akan membuat area dahi semakin lebar.

Sementara bentuk alis yang ‘bulat’ mengkalemkan kerasnya rahang pemilik wajah persegi seperti pembalap Rio Haryanto.

Bentuk alis yang serasi akan menciptakan efek simetris pada wajah. Kalian tentu sudah paham bahwa kecantikan  dan kegantengan berasosiasi dengan simetri. Diskusikanlah hal ini dengan sang make up artist.

Ada beberapa tips penting saat mencukur alis bersama profesional. Sebaiknya jangan memakai wax agar bentuk alis tetap tampak natural. Hindari pula lengkungan alis yang tajam karena itu tidak maskulin. Sembari meminta sarannya tentang brow gel dan cara mengaplikasikannya, pastikan aktivitas ini terjadwal sehingga penampilan keren kalian konsisten. Some make up artists are so busy.

Pada akhirnya, alis sebagai bagian kecil dari fitur wajah merupakan salah satu elemen penting yang dapat memanipulasi proporsi bentuk wajah dan menegaskan karakter. So, bolehkah mencukur alis untuk stylish? Kenapa enggak bro!