Tekno Otomotif

BMW i3, Si Mungil Futuristik yang Baru Mendarat

Pameran otomotif berskala internasional GIIAS 2017 sangat penuh kejutan, selain Nissan yang membawa mobil konsep masa depannya, BMW juga mendaratkan mobil Mega City Vehicle-nya yakni i3. Secara mengejutkan BMW Indonesia membawa mobil full electric ini di GIIAS 2017.

Mobil ini memang sudah tak asing bagi penikmat mobil futuristik, khususnya pencinta mobil “Project i” milik BMW. Namun BMW i3 sendiri baru mendarat di Indonesia pada ajang GIIAS tahun ini. Mobil mungil yang sangat kuat kesan futuristiknya ini merupakan mobil listrik pertama BMW sebagai sumber tenaganya.

giias-2017---bmw-i3-rex-0819

Trim bodi BMW i3 yang unik dan khas | Khalida Nasution

BMW i3 datang dengan teknologi BMW eDrive yang membuatnya bertenaga 170 Hp dengan semburan torsi mencapai 250 Nm. Sumber tenaga tersebut semakin apik dengan perpaduan transmisi otomatis. BMW i3 sendiri mampu melesat 0-100 Km/jam hanya dalam waktu 8,1 detik dengan kecepatan maksimum 150 Km/jam.

giias-2017---bmw-i3-rex-0814

Bagian dasbor dan kemudi yang simpel namun full control | Khalida Nasution

BMW i3 dirakit di atas konstruksi rangka yang terbuat dari material carbon fibre reinforced plastic (CFRP). Penggunaan bahan CFRP yang ringan dan kuat menjadikan mobil ini tak perlu memiliki pilar B, pilar antara bagian pengemudi dengan penumpang belakang seperti mobil lainnya.

BMW i3 berdimensi panjang 3.999 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.578 mm. Selain itu, BMW i3 memiliki alur buka-tutup pintu yang unik seperti Mazda RX-8, dimana daun pintu antara depan dan belakang berhadapan. Hal itu membuat mobil ini akan terlihat lapang saat dibuka, terlebih tak ada pembatas antara bagian depan dan belakangnya.

giias-2017---bmw-i3-rex-0831

Layar panel BMW i3 yang sangat terkonsep dan canggih | Khalida Nasution

Tertarik? Kalau iya, sepertinya harus bersabar sedikit karena BMW belum akan melepasnya di jalan-jalan perkotaan tanah air. Hal itu lantaran pihak BMW menunggu kesiapan infrastruktur untuk mobil listrik di tanah air.