Sukses

Cara Berhenti Menjadi Pria Berengsek (bagian 1)

Definisi berengsek mungkin sangat luas, tapi yang ingin kita bahas di sini sebagai pengertian kata berengsek adalah “menyebalkan.” Kalian pasti punya teman yang sudah dicap sebagai si menyebalkan. Mereka ini adalah orang-orang dengan attitude minus, kalaupun kita tetap betah nongkrong dengan mereka juga hanya karena status teman.

Untuk itu kami mendedikasikan artikel ini bagi teman-teman kalian tersebut sebagai referensi jika suatu hari mereka ingin pensiun jadi pria berengsek, either mereka sadar atau tidak jika memang menyebalkan.

pinjam-uang-1

Si Ninja Utang  

Mereka menyebalkan karena selalu menghilang setelah pinjam uang. Teman macam ini sebenarnya akan cukup terkenal di tongkrongan karena kemampuannya dalam gagal bayar yang sangat baik.

How to Stop: Berhenti membeli waktu dengan cara meminjam uang. Kebiasaan ini mungkin sulit dihilangkan, tapi bisa dengan latihan yang ketat. Langkah pertama adalah cari pekerjaan sampingan.

Si Penjahat Kelamin

Kita tentu tidak akan bermasalah dengan keahlian seorang teman dalam menggaet wanita, tapi jika sudah pacar kita sendiri yang mereka gaet tentu lain cerita.  

How to Stop: Kendalikan hawa nafsu dan lebih selektif dalam memilih target bro. Minimal kalian juga harus belajar bahwa pria sejati tidak menganggap wanita sebagai objek.

selingkuhgrafis

The Storyteller

Bergosip boleh saja tapi terkadang kita curhat masalah pribadi bukan untuk jadi konsumsi publik. Si pencerita cenderung berlidah gatal dan tidak bisa membedakan mana yang namanya informasi rahasia dan mana yang namanya pengumuman.

How to Stop: Jika kalian tidak bisa menjaga rahasia maka sebaiknya berhenti menjadi pendengar.

Si Hakim

Beberapa orang mungkin terlahir dengan kemampuan menilai, tapi bukan berarti siapa saja bisa menjadi hakim. Menyebalkan memiliki teman yang selalu men-judge apa saja yang kita lakukan bukan.

How to Stop: Belajar menjadi pria cuek. Jika memang tak tahan untuk menghakimi orang, lakukan dalam hati. Jangan pernah menilai tanpa diminta.

ilustrasi-palu-hakim

Si Hebat

Banyak aspek yang menyebabkan karakter ini lahir pada seseorang. Mulai dari kekayaan, koneksi, atau kecerdasan. Semua hal positif itu baik, tapi di tangan si hebat semua itu berakhir dengan sebuah kesimpulan, pamer.

How to Stop: Jika kalian memiliki anugerah maka sebaiknya dibagi dalam kerendahan hati.