Tekno Otomotif

Cara Singkat Bersihkan Helm Sendiri

Helm yang merupakan pelindung kepala kini bukan hanya menjadi alat pengaman saja untuk pria. Helm juga sudah menjelma menjadi bagian dari gaya dan karakter pria itu sendiri. Tapi sayang masih banyak yang tak peduli dengan kebersihan helm kesayangannya.

Lanang Indonesia pun tak mau tinggal diam, untuk mengurangi kemalasan tersebut kita akan beri tahu cara singkat bagaimana membersihkan helm kesayangan kalian. Simak bro!

Pisahkan

Pisahkan bagian-bagian pada helm seperti busa, kaca visor dan penutup lubang angin. Ini agar memudahkan kita saat membersihkannya, terutama sela-sela yang sulit dijangkau dan menjadi tempat debu dan kuman menempel.

Cuci

Jika semua sudah terpisah, maka rendam bagian-bagian helm tersebut ke dalam air sabun atau sampo khusus helm. Mungkin waktu sekitar 20 menit cukup membunuh kuman pada helm. Jika ada noda atau bercak menempel maka sikatlah dengan halus agar tak membuat helm rusak atau lecet.

Keringkan

Setelah selesai dicuci, langkah selanjutnya adalah mengeringkan helm tersebut. Jemur helm di tengah terik matahari agar cepat kering, semakin cepat semakin baik untuk menghilangkan bau tak sedap. Jika matahari sedang malas untuk mengeluarkan panasnya, anda bisa menggunakan hair dryer sebagai alternatifnya.

Poles

Jika sudah kering, maka satukan kembali bagian-bagian helm yang terpisah tersebut. Lalu poles helm dengan wax agar menjadi kinclong dan seperti baru kembali. Gunakan kain dengan tekstur halus untuk mengelapnya.

Semprotkan

Pekerjaan membersihkan helm pun hampir selesai. Anda hanya tinggal menyemprotkan cairan pembunuh kuman dan jamur serta minyak wangi. Ini penting agar helm tak mengeluarkan aroma tak sedap yang akhirnya membuat kepala anda bau apek.