Tekno Otomotif

CB190X, Baby Adventure dari Honda

Setelah cukup lama membuat penasaran dengan sketsa yang bermunculan, akhirnya Honda secara resmi meluncurkan CB190X Fight Hawk di Cina. Motor yang merupakan seri dari CB190R ini menjadi anak bungsu dari seri adventure yang dimiliki Honda.

Para pencinta otomotif memberinya nama “Baby Adventure” karena ia merupakan motor penjelajah dengan kubikasi mesin paling kecil. Sekarang kita akan bahas spesifikasinya bro, meski modelnya seperti Honda CB500X, namun mesinnya menggunakan milik Honda CB190R dengan silinder yang sama.

cb190xb

Honda CB190X Fight Hawk | Dok. Wucang

Seperti dilirik dari Visordown, Rabu (9/8/2017), Motor ini dipatenkan oleh Honda dengan industri otomotif Cina Wuyang, tempat asal motor ini berada. Mesinnya memiliki silinder berkapasitas 184 cc dengan semburan tenaga hingga 15,8 hp.

Motor ini memiliki dimensi : 1982 × 744 × 1041 mm, dengan kapasitas tangki 12 liter dan berat : 140 kg.    Sedangkan rangkanya menggunakan frame aluminium Diamond frame, suspense depan USD Front Fork dan belakang mono shock Arm type.

Untuk bentuknya tak jauh berbeda dengan CB190R, seperti rangka dan kaki-kakinya. Perbedaannya hanya pada bentuk bodi dan aksesori pendukung adventure lainnya. Untuk sementara motor ini baru beredar di Cina saja, kemungkinan untuk mengaspal di Indonesia masih tanda tanya.

cb190xc

Bagian kemudi Honda CB190X yang nyaman untuk jarak jauh | Dok. Wucang

Namun sepertinya menghadirkan motor ini ke Indonesia bukanlah hal sulit, mengingat Honda juga diam-diam mendatangkan CB125F yang telah lebih dulu berkeliaran di Eropa dengan nama lain yakni Verza. Honda pun mengemasnya ke Indonesia dengan kubikasi mesin lebih besar yakni 150 cc.

Seperti diketahui jika Verza menjadi motor sport entry level paling terjangkau untuk saat ini. Angka pengguna Verza pun tinggi karena sang pesaing Bajaj Pulsar harus tutup buku di Indonesia. Sehingga Honda Verza masih aman dari pesaing untuk saat ini.

cb190xd

Varian Honda CB190X Fight Hawk warna kuning yang khas | Dok. Wucang

Begitu pula dengan Honda CB190R yang lebih dulu hadir di Cina, motor ini digadang-gadang akan mengaspal di Indonesia untuk menjadi penantang Yamaha Xabre yang sampai saat ini belum ada lawan di kelasnya.

Melihat angka penjualan Yamaha Xabre yang sangat bagus, kemungkinan Honda untuk menyikutnya sangat mungkin. Mengingat Honda sudah kalah telak dalam penjualan skuter matic premium entry level dengan Yamaha. Yamaha berhasil mengubur Honda PCX 150 lewat N-Max dan Aerox 155. Kita lihat saja bagaimana persaingannya nanti bro.