Tekno Otomotif

Duke 250, Seperempat Liter yang Benar-Benar Telanjang

Bagi kalian yang ingin advance naik ke kelas 250cc tentu banyak pilihan produk motor di Indonesia. Sayangnya minat di sini kepada genre naked masih cukup tertinggal dibandingkan kelompok-kelompok fairing. Sampai akhirnya KTM datang dengan varian Dukenya.

Beberapa waktu lalu KTM Indonesia meluncurkan update terbaru dari KTM Duke 250. Dengan beberapa pembaharuan di aspek knalpot, lampu-lampu hingga ke desain body motor ini totally refreshed dibandingkan sebelumnya.

Sangat banyak pertimbangan menggoda yang dibawa oleh Duke 250 bagi kalian yang tadinya cuek dengan genre naked. Duke 250 berani menonjolkan rangka teralisnya hingga ke area buritan. Seakan-akan motor ini memang dengan sengaja dibuat untuk memamerkan tulang-tulangnya.

Geser ke pembuangan pabrikan Austria ini akhirnya memutuskan untuk mengganti knalpot underbelly yang berada di kolong menjadi knalpot biasa dengan silencer yang lebih panjang. Keputusan ini membuat motor terlihat lebih berisi jika dilihat dari samping.

duke4

Pamer frame teralis hingga ke bagian belakang | KTM

Aksesori pada lampu utama juga tidak tertinggal di mana KTM menyelipkan LED Day Running Light yang membuat tampilannya lebih tampan dibandingkan pendahulunya. Sayangnya lampu utama yang masih mengusung model bulb masih menjadi kekurangan tersendiri untuk motor-motor zaman sekarang.

Secara spesifikasi mesin Duke 250 tidak banyak berubah di mana kubikasi tetap di 248,8cc, namun entah kenapa tenaga justru turun menjadi 29,5 HP dari versi 2015 yang mencapai 31,1 HP. Teknologi anti slip kopling PASC yang tertanam pada jeroan bisa menjadi nilai lebih. Selain itu tentu kita sudah sama-sama akui suspensi WP kelas dunia yang dipakai KTM akan selalu menjadi nilai jual menarik.

Overall penyegaran pada Duke 250 tahun ini benar-benar menaikkan kasta motor naked di Indonesia. Duke 250 akan diadu mentah-mentah dengan Kawasaki Z250SL di mana mereka sama-sama bersilinder tunggal dengan perbandingan tenaga beda-beda tipis.

Duke 250 dijual dengan harga Rp 45,9 juta untuk yang versi non ABS dan Rp 48,9 juta untuk yang sudah ABS. Harga ini dirasa masih cukup kompetitif mengingat Z250SL yang ABS saja mencapai Rp 48,2 juta. Bagaimana bro, siap benar-benar telanjang di jalan raya?