Terkini

Dukungan Shopee untuk Pengusaha Lokal

Menjadi Negara berpenduduk banyak dengan tingkat konsumtif tinggi membuat Indonesia menjadi pasar segar, khususnya e-commerce yang kini sedang menjamur. Tapi nyatanya dilain sisi kecemasan tersebut tak melulu merugikan pengusaha lokal.

Salah satunya adalah program CSR yang dilakukan oleh e-commerce Shopee. Perusahaan dari Garena ini meluncurkan program Corporate Social Responsibility dengan tema “Shopee Untuk Negeri”. Lewat program ini Shopee memberikan donasi kepada pengusaha lokal untuk bisa memajukan usahanya di tengah dunia bisnis.

Saat ditemui Lanang Indonesia, di bilangan Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017), Marketing Manager Shopee Monica Vionna mengatakan “Ini merupakan program CSR pertama Shopee untuk pengusaha lokal dan semoga terus berlanjut untuk mendukung semua itu,”.

shopee2

Bentuk kreasi kerajinan bambu yang menjadi pilihan Shopee dalam program CSR | Andika Aditia

Mungkin jika dilihat dari nominal tak terlalu besar, yakni Rp 50 juta untuk Komunitas Pringgadani yang merupakan pengrajin bambu dari Yogyakarta. Tapi setidaknya hal ini menambah deretan kepedulian beberapa perusahaan asing yang berlabuh di Indonesia dengan memperhatikan industry kerajinan lokal.

Selain itu Shopee juga mengadakan program Goes to Campus guna menjaring wirausahawan dari dunia kampus. Program ini menjaring di 13 kota yang diikuti oleh 1000 peserta dari 84 universitas dari seluruh Indonesia.

Yang menjadi pertanyaan terbesarnya ialah, jika orang lain peduli dengan industri kerajinan dalam negeri, lalu kenapa kita tidak? Setidaknya hal ini bisa memicu kita untuk lebih peduli terhadap produk-produk pengusaha lokal agar mampu bersaing di bisnis global.