Gaya Hidup

ERSTWHILE, Novel Multikultural Bernuansa Romansa

Senang baca dan suka budaya bro? Kalian wajib punya salah satu novel karya Rio Haminoto, ERSTWHILE. Lanang Indonesia beruntung bisa hadir dalam acara pembahasan buku tersebut di Indonesia International Book Fair 2017 (IIBF).

Ditemani Shahnaz Soehartono, Rio Haminoto dengan gamblang menjawab berbagai pertanyaan penggemar yang sangat penasaran dengan inspirasi novelnya tersebut. Salah satunya ketika Lanang Indonesia melontarkan pertanyaan soal lokasi latar novel yang sangat beragam hingga ide untuk menulis buku tentang travel.

review-buku-1

Rio Haminoto menjelaskan novelnya di atas stage | Rendi Widodo

“Beberapa lokasi yang generik (umum) pernah saya kunjungi, hanya saja ada beberapa lokasi yang saya memang belum pernah ke sana. Seperti Jerusalem misalnya, saya masih bisa melakukan riset dan beberapa teman ada yang sudah pernah ke sana jadi saya bisa tanya-tanya ke mereka juga. Tapi kalau untuk menulis buku tentang travel sepertinya belum terpikirkan,” ungkap Rio kepada Lanang Indonesia.

Menurut Shahnaz sendiri bahkan Rio termasuk apik dalam mengolah cerita yang sebenarnya kompleks menjadi mudah dan enak dibaca semua kalangan.

review-buku-2

Sylviana Murni dan Shahnaz Soehartono yang ikut meramaikan acara | Rendi Widodo

“Saya betah membaca bukunya karena terlihat jelas jika banyak sekali kultur, alur dan latar belakang lokasi yang bisa ditemukan dalam novel ini namun tetap bisa dipahami dengan mudah,” kata Shahnaz.

Semakin suprising dengan hadirnya Sylviana Murni dalam acara bahas novel ERSTWHILE tersebut. Akhirnya ikut bergabung dengan Rio dan Shahnaz di atas panggung, Sylviana bahkan sempat menujukkan bakatnya sebagai story teller dengan membacakan satu halaman dari novel kepada audiens.

review-buku-3

Shahnaz pun akhirnya meminta tanda tangan langsung dari Rio | Rendi Widodo

ERSTWHILE bercerita tentang Raphael Harijono adalah seorang pria asal Indonesia, Emma Watts, seorang ahli bahasa dan arkeolog dan juga seorang wanita pengusaha setengah baya asal Prancis bernama Magalie Vaillant serta Picaro Donevante warga kota Paris berdarah Italia dalam perjalanan panjang memasuki masa gemilaunya kerajaan Majapahit dalam Persekutuan Waktu.

Kecerdasan Rio dalam mengemas beragam budaya dan racikan nuansa romansa membuat kita mudah jatuh cinta pada buku ini. Jadi pantas saja jika buku ini menjadi salah satu penerima penghargaan dari UBUD Writers & Readers Festival 2017. Segera kunjungi toko buku terdekat untuk menemukan romansanya bro!