Gaya Lanang

Jaket Bomber Sejak Dulu Hingga Sekarang

Siapa yang tak kenal dengan jaket bomber? Salah satu jenis jaket kasual yang enak untuk dipakai nongkrong ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan masih terus berkembang hingga hari ini. Tak melihat brand papan atas atau lokal, semua produsen selalu tertarik untuk memproduksi jaket bomber. Kenapa? Karena ya memang terus menjadi tren.

Bermula dari kebutuhan militer pada Perang Dunia I di mana saat itu kebanyakan pesawat terbang tidak memiliki kokpit yang benar-benar tertutup, maka dibuatlah jaket untuk menjaga kehangatan tubuh para pilot.

Terbuat dari bahan kulit untuk kebutuhan outdoor berat dan beberapa lining bulu pada bagian kerah menjadikan nenek moyang jaket bomber, yakni flight jacket, sebagai kebutuhan standar bagi para pilot pesawat tempur.

jaket-bomber-2

Mulai menjadi tren penduduk sipil sejak 1970-an | Istimewa

Selanjutnya pada Perang Dunia II kebutuhan flight jacket sebagai kostum esensial tidak hanya dimiliki oleh para pilot pesawat tempur, tapi juga para kru pesawat pembom kelas berat semacam B-29, B-32 atau Avro Mk 1 yang harus terbang tinggi hingga 25.000 kaki. Pada ketinggian ini suhu udara bisa mencapai -50ᵒ C.

Sejak itulah sebutan bomber jacket mulai melekat pada varian flight jacket yang tadinya hanya untuk para pilot.

Pada tahun 1970-an jaket bomber ini akhirnya menjadi tren dan digunakan oleh penduduk sipil. Saat itu kelompok scooterboy dan anak-anak skinhead sangat akrab dengan jaket bomber. Hingga pada tahun 1980-an jaket bomber benar-benar menjadi jaket yang populer dengan beragam variasi.

john-legend-wearing-burberry-in-la--august-10th

John Legend dengan beast print bomber | Burberry

Material yang digunakan-pun terus berubah menyesuakan tren dan musim. Jika pada dasarnya jaket bomber berbahan kulit, hari ini kita bisa menemukan jaket bomber berbahan dasar neoprene, sutra, satin hingga nylon.

Untuk urusan warna pun beragam. Bagi para pilot awalnya jaket bomber berwarna midnight blue tapi kemudian berubah menjadi hijau tua setelah Perang Vietnam selesai. Jadi jika kalian ingin menggunakan warna-warna asli jaket bomber ya dua warna inilah yang menjadi awalnya.

Selebihnya kalian bisa memilih varian warna atau corak yang sesuai karakter. Seperti pada gambar di atas John Legend menggunakan jaket bomber dengan beast print dari Burberry.