Tekno Otomotif

Kawasaki Siapkan Motor Retro Klasik 175cc?

Bagi kalian penikmat roda dua tentunya sudah mengenal varian produk retro klasik Kawasaki. Baik Estrella maupun W800 yang lebih kekar tentunya bisa menjadi pilihan bagi kalian yang senang cruiser antik. Menariknya, Kawasaki sepertinya tertarik untuk merangkul pasar ini lebih serius dengan motor sejenis namun dengan kubikasi lebih kecil.

Mungkin pasar Indonesia tidak terbiasa dengan motor-motor berkubikasi tanggung, tapi hal itu tampaknya tidak masalah bagi pabrikan Jepang ini.

175cc, kabar yang tersebar di dunia otomotif lokal menunjukkan bahwa motor yang mungkin akan jadi adik dari Estrella ini akan mengusung nama W175. Belum ada konfirmasi resmi, tapi setidaknya 80% akan begitu namanya.

Disinyalir akan lahir akhir tahun ini, Kawasaki masih menutup rapat-rapat informasi umum tentang si retro klasik ini. Tapi jika benar akhirnya launching, kami berani bilang motor ini akan banyak diminati, apalagi di daerah.

Cukup beralasan, karena jika kalian pernah main ke wilayah Bogor, Bandung, dan beberapa wilayah di Jawa Tengah banyak sekali biker yang membangun motor bergaya klasik dengan dasar mesin Honda CB, Tiger atau Yamaha Scorpio. Jika ada versi lebih terjangkaunya seri Estrella tentu menjadi angin segar untuk mereka.

w800

Model mungkin tidak akan jauh-jauh dari sang kakak W800 | Kawasaki

Tak serta merta semua biker tersebut akan membeli, karena komunitas retro klasik ini tetap terbagi menjadi kelompok builder dan rider. Yang jelas akan memboyong W175 ini tentunya adalah kelompok rider. Dan mungkin sebagian kecil kelompok builder, dengan catatan motor tetap akan mendapatkan sentuhan modifikasi nantinya.

Untuk soal desain mungkin tidak akan jauh-jauh dari model kakaknya, W800, paling hanya di segi dimensi lebih ramping dan bobot lebih ringan.

Yang masih menjadi pertimbangan adalah pricing. Ingin di angka berapakah Kawasaki menaruh sang baby Estrella ini. Beberapa pengamat menebak jika motor ini akan berada di range harga  Rp 30-35 juta, tapi entah kenapa kok kami sepertinya merasa Kawasaki akan membanderol motor ini di range harga yang lebih tinggi ya. Whatever.  

Tapi ya itu, masih banyak faktor yang akan menentukan pricing motor ini. Mulai dari built quality hingga ke persoalan apakah akan dirakit secara lokal atau tidak. Bagaimana bro, tertarik untuk menabung?