Tekno Otomotif

Makin Pintar, Aplikasi Ini Bisa Cari Barang yang Hilang

Ribuan bahkan jutaan aplikasi di play store sudah sangat memenuhi ponsel para pengguna. Berbagai produsen pun berlomba membuat aplikasi yang bisa laris manis di ponsel pintar. Mulai dari unik sampai aneh pun ada, lalu mana aplikasi yang menjadi favorit kalian?

Dalam ulasan ini Lanang Indonesia akan mengulas bagaimana sebuah aplikasi pada ponsel pintar kita ternyata bisa membantu untuk menemukan barang yang hilang, bagaimana caranya?

Sebuah perusahaan startup dari Amerika Serikat melakukan sebuah terobosan yang sangat bermanfaat dengan merilis aplikasi pencari barang hilang. Aplikasi bernama Tile ini mempunyai bluetooth tracker yang berfungsi sebagai pemancar lokasi barang yang hilang. Pengguna hanya perlu memasang bluetooth tracker pada benda yang diinginkan, seperti ponsel pintar atau kunci kendaraan.

Jika barang yang telah dipasangi bluetooth tracker tersebut hilang maka penggunanya hanya perlu mengaktifkan pelacak berbasis bluetooth pada aplikasi Tile. Jika pelacak telah mendapatkan koordinat atau pantulan dari pengguna lainnya yang sedang berada di dekat lokasi, maka sinyal tersebut pun akan dikirimkan ke aplikasi pemilik barang yang hilang dan lokasi juga bisa diketahui.

Aplikasi pintar ini ternyata sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun sepertinya tak banyak yang mengetahui atau bahkan kalah populer dari aplikasi pesan instan atau game mobile. Meski tak meraih hits di awal peluncurannya, namun kesadaran pengguna ponsel akan manfaat aplikasi ini sepertinya meningkat tajam. Ini terlihat dari jumlah pengguna Tile yang sudah mencapai 230 negara, dimana sebanyak 2 juta barang berhasil ditemukan lewat aplikasi ini.

Belum lama ini, Tile juga mengeluarkan dua bluetooth tracker Tile Sport dan Tile Style. Dua produk barunya itu dijual seharga US$ 35 dengan kemampuan audio yang lebih kencang dan jangkauannya lebih luas, yaitu sejauh jarak 200 kaki.

Berkat inovasi ini produsen mobil Jaguar dan Land Rover telah bekerja sama dengan Tile untuk menjadi bagian dari fitur mobil tersebut. Mungkin terobosan ini mirip seperti aplikasi pelacak yang dimiliki oleh Apple lewat OS iOS-nya, yakni Find My iPhone yang membuat pengguna bisa melacak iPhone, iPod, dan Mac-nya yang hilang. Bagaimana sobat lanang? Bermanfaat banget kan?