Terkini

Memilih Jalur Aman untuk Mudik

Banyak dari kalian yang pastinya akan mencicipi mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi. Walau jauh lebih praktis dibandingkan dengan naik tranportasi umum, road trip dengan kendaraan pribadi lebih sulit. Ya, macet adalah masalah utama kalian bro!

Saat cuti bersama sudah dimulai, maka hari itulah bisa dibilang akan menjadi puncaknya kepadatan jalur mudik. Mau seperti apapun persiapan kalian mengatur waktu keberangkatan pasti akan tetap banyak titik-titik macet yang kalian jumpai. Untuk mengurangi risiko kemacetan ini kita punya sedikit formulanya bro.

Hindari Jalur Utama

Jalur utama seperti Pantura dan Jalur Selatan adalah termasuk jalur utama selama mudik lebaran. Pilih jalur lain seperti jalur tengah. Mungkin kita akan membutuhkan asistensi total dari GPS karena belum fasih dengan jalur ini, tapi tidak masalah toh keuntungannya sangat besar jika bisa menghindari kemacetan.

Tol Justru Padat

Selama momen-momen mudik ini jangan berharap kita akan menikmati mulusnya berpacu di jalan tol. Kepadatan akan kalian temukan hampir di semua jalan tol yang beroperasi, apalagi saat akan masuk dan keluar gerbang. Jika kalian punya referensi jalan umum yang lebih baik kenapa tidak lewat sana saja.

Riset Setiap Saat

Untuk urusan mudik perubahan status jalur bisa terjadi kapan saja, jadi kita harus secara konstan memantau informasi tentang jalur yang akan kita lewati. Kalian bisa mendapatkannya secara instan melalui radio dan GPS, tapi jangan sampai lupa untuk tanya-tanya ke tim Polantas yang bertugas.

Tak Ada Jam Lengang

Pasti ada dari kalian yang berpikir pada jam-jam tertentu mungkin jalanan akan lebih sepi, tapi masalahnya ada ribuan pemudik lain yang juga berpikiran sama dengan kalian. Selama status masih H-sekian jalur akan terus dipadati pemudik. Jadi jangan terbeban harus bangun pagi demi jalanan kosong ya bro, pilihlah jam berangkat yang paling nyaman menurut kalian.

Tujuan dari mudik adalah bisa bertemu dengan keluarga di kampung halaman, jadi persiapkan kendaraan kalian sebaik mungkin dan berkendara dengan hati-hati. Percuma kan bro sudah niat-niat harus gagal karena kecelakaan di jalan. Selamat mudik ya!