Tekno Otomotif

Mencari Kamera Ponsel Terbaik Android & iOS

Alat dokumentasi yang semakin baik membuat kita selalu ingin mengabadikan setiap momen yang ada. Terlebih rasa narsis terhadap kamera ternyata bisa menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan. Hal itu bisa kita lihat dari ramainya video blogger atau vlogger serta selebgram.

Fenomena ini tentu menuntut fotografi pada ponsel harus semakin canggih, kalau bisa, bahkan melebihi kamera profesional seperti DSLR dan Mirrorless. Sekarang kita akan bahas ponsel mana yang sebenarnya paling baik dalam menyajikan gambar, entah itu fotografi atau videografi.

Tapi dalam ulasan ini kita tak akan membandingkan suatu brand, karena kita sudah sama-sama tahu jika semua brand mengklaim kameranya yang paling baik. Kita akan membandingkannya dari sisi sistem operasi, yakni Android dan iOS. Mana yang lebih baik?

Jika dilihat dari hasil dan fitur sepertinya Android dan iOS sama-sama memiliki keunggulan. Namun ternyata ada beberapa aspek yang membuat salah satunya menjadi lemah. Hal itu ternyata diulas oleh seorang Vic Gundotra, orang yang pernah menjadi Vice President Google. Perusahaan raksasa yang juga menjadi pengembang sistem Android.

Seperti yang dilirik dari Phonearena, Vic Gundotra mengatakan jika ponsel milik Apple, yakni iPhone 7 merupakan yang terbaik untuk kebutuhan fotografi pada ponsel pintar. Menurut Vic masalahnya bukan pada kemampuan brand melainkan pada fakta sistem operasi itu sendiri.

Seperti kita tahu kalau Android itu merupakan sistem yang open source alias netral ke semua pihak. Hal ini mungkin terdengar begitu fair mengingat Android digunakan oleh banyak brand. Tapi ternyata hal ini juga yang membuat kamera pada ponsel berbasis Android memiliki banyak pengaturan kamera dan mungkin agak membingungkan.

Kita ambil contohnya pada Samsung, jika kita menggunakan kameranya maka agak sulit menemukan aplikasi terbaik untuk menggunakannya. Itu dikarenakan terdapat beberapa aplikasi kamera bawaan, mulai dari milik Samsung sendiri, Android Camera, Samsung Galeri atau Google Photo. Belum lagi beberapa aplikasi pesan instan yang kini juga bisa mengakses kamera secara langsung.

Sedangkan dalam hal ini Apple bisa lebih unggul dikarenakan sistem operasinya, iOS, hanya digunakan oleh iPhone saja. Sehingga Apple bisa melakukan inovasi dengan jauh lebih baik dan bebas tanpa harus takut berbenturan kepentingan dengan pelaku industri lain. Salah satunya adalah kemampuan Apple dalam mengembangkan teknologi komputasi fotografi pada ponsel pintarnya.

Tapi menurut Vic Gundotra, Android tetap bisa mengejar kelemahan tersebut dengan melakukan inovasi seperti yang dilakukan oleh para vendornya seperti Samsung, LG dan HTC. Aspek ini ialah pengembangan inovasi melalui Application Programming Interface atau API.

Dalam era yang serba cepat ini memang segala sesuatunya juga cepat berubah, termasuk teknologi. Lantas mana yang terbaik? Semuanya kita serahkan pada kalian sebagai pembelinya.