Ngaku bro, kalian pasti sudah sangat akrab dengan kata chronograph. Ya, kalian sering melihat tulisan ini pada banyak jam tangan yang umumnya untuk pria. Tapi apakah ada dari kalian sudah ada yang tahu artinya? Atau yang mana chronograph itu? Atau bahkan fungsinya?

Sebagai seorang pria kalian harus paham apa yang kalian pakai. Bukan hanya bisa beli dan menempel di badan, cerita chronograph jauh lebih panjang dari itu.

Mari kita sederhanakan, pada dasarnya chronograph adalah bahasa keren dari stopwatch. Yeah, dari sini kalian akhirnya semua mendadak berkata oooh. Kita semua tahu betul apa fungsi stopwatch, penghitung waktu presisi yang bisa digunakan sebagai alat ukur. Hari ini banyak digunakan pada olahraga-olahraga yang berkaitan dengan waktu.

Berasal dari bahasa Yunani yakni chronos (waktu) dan graph (tulisan) pertama kali ditemukan oleh Louis Monet pada tahun 1816, dan terus mengalami perkembangan hingga hari ini jika kalian melihat penghitungan waktu di dunia balap hinga ke akurasi milidetik.

chronograph1

Manual look chronograph yang umum pada jam tangan analog | RMRS

Pada jam tangan analog, bentuk mekanis angka-angka chronograph sebenarnya tidak hanya menjadi pemanis, tapi akan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari kalian. Cara menggunakan chronograph juga tidak sulit. Hanya ada dua tombol pengoperasian, yakni tombol start/stop dan reset.

Mengoperasikan chronograph sangat sama dengan aplikasi stopwatch pada ponsel kalian. Hanya butuh waktu beberapa menit untuk dipelajari, bahkan tanpa perlu melihat buku panduan.

Beberapa kegunaan chronograph pada kegiatan sehari-hari misalnya saat kita ingin menghitung waktu tempuh ke kantor, menghitung lamanya berolahraga atau bahkan lebih iseng lagi saat kita menghitung lamanya menyeduh waktu kopi.

Yang penting kalian sekarang sudah tahu kan apa dan gunanya chronograph. At least kalian punya jawaban cool   jika calon pacar bertanya penasaran.