Terkini

Merawat Diri Di Hari Tidur Sedunia

Ada yang spesial pada hari ini, yaitu Hari Tidur Sedunia atau World Sleep Day. Buat sobat lanang yang belum tahu apa itu World Sleep Day, coba simak ulasannya dari Lanang Indonesia.

Sejak 2008, organisasi kesehatan bernama World Association of Sleep Medicine yang mengorganisir Hari Tidur Sedunia telah mulai memperingatinya. Peringatan ini berbeda waktunya tiap tahun namun tetap di bulan Maret. Pada tahun 2017 ini sendiri, Hari Tidur Sedunia diperingati pada tanggal 17 Maret 2017.

Meski di Indonesia sendiri peringatan ini masih terbilang biasa saja, namun di banyak Negara peringatan ini dijadikan momen untuk merayakan kesehatan tidur lewat pengetahuan dengan membangun kesadaran akan pentingnya kesehatan terhadap kualitas tidur.

Seperti dikutip dari Worldsleepday.org, Jumat (17/3/2017), peringatan Hari Tidur Sedunia akan diisi dengan kegiatan yang meriah dan meningkatkan minat masyarakat terhadap informasi kesehatan soal tidur. Hal itu akan diisi dengan membagikan literatur mengenai kesehatan tidur serta beberapa aktivitas terkait lainnya.

Mungkin peringatan ini terlihat biasa, namun sebenarnya memberi kita pesan bahwa tidur adalah hal yang harus dilakukan dengan baik karena berdampak besar terhadap kualitas hidup kita sendiri. Fenomena masyarakat urban yang mengejar aktivitas dan mengesampingkan jam tidur adalah hal yang harus diperhatikan. Sangat disayangkan jika kita saat ini masih berpikir kalau produktivitas diukur dari lamanya kita bekerja bukan dari bagaimana hasilnya.

Saat orang-orang tertidur dalam perjalanannya di pagi hari dan membanggakan penyakit insomnianya di media sosial adalah bukti jika kita masih belum menghargai apa manfaat dari tidur yang baik.

Untuk semua sobat lanang tanpa terkecuali dengan adanya peringatan Hari Tidur Sedunia ini maka kita perlu membangun kesadaran jika produktivitas justru akan terganggu saat kita kurang tidur. Dan juga harus menjadi pelajaran jika begitu banyak orang menyia-nyiakan nyawanya hanya karena kecelakaan yang disebabkan oleh rasa kantuk. So, keep healthy with sleep quality guys!