Tekno Otomotif

Motobi 200, Cruiser Pemula dari Benelli

Tak Cuma mobil, sepeda motor pun ikut mejeng di pameran otomotif berskala internasional GIIAS 2017, di ICE, BSD, Tangerang, Banten. Banyak sepeda motor dari berbagai brand, mau yang mainstream ataupun yang segmented. Salah satunya adalah motor asal Italia Benelli.

  Mungkin sebagian sobat lanang sering melihat skuter premium Zafferano, ya, ini adalah salah satu produk Benelli yang paling laris. Tapi kali ini Lanang Indonesia akan mengulas Motobi 200-nya, motor bergaya cruiser dengan silinder super pemula, yaitu 200 cc. Super pemula banget kan untuk model cruiser?

motobi2

Jika dilihat secara keseluruhan motor ini cukup tampan | Andika Aditia

Motobi 200 ini sendiri memiliki tipe mesin 1 silinder, 2-valve, SOHC, 4-stroke. Motor ini pun telah mengusung sistem pembakaran injeksi, berbeda dengan Benelli Patagonian Eagle 250 yang masih menggunakan karburator. Dengan spesifikasi tersebut, Motobi 200 memiliki tenaga 9,5 Kw/7.500 rpm.

Jika mengharapkan kecepatan mungkin kurang tepat untuk motor ini, namun jika ingin menggunakannya touring sangatlah pas. Saat Lanang Indonesia menjajal Motobi 200, motor ini diset dengan kompresi rendah dengan torsi besar yang bisa sobat lanang di rpm rendah. Jadi sangat pas untuk touring.

motobi4

Walau telah dirakit lokal, namun Motobi 200 tetap tak melupakan DNA Eropa | Andika Aditia

Handling Motobi 200 cukup baik saat dikendarai, bahkan dalam kecepatan tinggi. Namun motor ini masih terbilang kurang untuk sistem pengereman. Selain itu jika akan melewati tikungan tajam sebaiknya ambil jarak yang cukup lebar karena derajat perputaran stangnya tak luas.

Sudah puas dengan performa mesinnya? Sekarang, kita akan bahas tampilannya. Salah satu hal yang membuat motor ini dilirik banyak orang bahkan dipesan adalah karena modelnya yang tampan, bahkan lebih tampan dari Patagonian Eagle 250. Motobi 200 memiliki kapasitas tangki yang cukup besar, yakni 15 liter. Lalu warna cat hitam dof dari spakbor sampai knalpot membuat motor ini mirip Harley-Davidson Street 500. Benelli pun memberikan bonus tambahan pada motor ini dengan side bag kulit yang elegan.

motobi1

Desain motor dan dudukan mesinnya harmonis, sehingga membuat mesin terlihat padat | Andika Aditia

Lalu berapa harga untuk motor ini? Benelli membanderol  motor ini dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 28.5 juta. Ini dikarenakan Benelli bisa menekan harga produksi dengan memilih untuk merakit motor ini secara lokal. Bagaimana, tertarik bro?