Tekno Otomotif

New Countryman Jadi Raksasa di Keluarga MINI

MINI sebagai produsen mobil unik kembali mencuri hati para pencinta mobil premium berkarakter. Hadir sejak 57 tahun lalu, MINI telah menjadi mobil kedua paling berpengaruh pada abad 20 setelah Ford Model T.

Kini MINI kembali melakukan terobosan dengan menghadirkan salah satu mobilnya yang dianggap keluar jalur, yakni The New MINI Countryman. Mobil ini menjadi mobil terbesar dengan fitur terlengkap sejak berdirinya MINI pada tahun 1959. The New MINI Countryman tampil dengan beragam inovasi dalam fungsi, desain, dan fitur.

bmw-introducing-the-new-mini-countryman-logo-9895

Desain MINI selalu mengacu pada produk klasiknya | Khalida Nasution

Sejak diperkenalkan pada tahun 2010 lalu, MINI Countryman dianggap telah keluar jalur karena ukurannya yang tak lagi mungil. Mengusung konsep yang lebih cenderung ke arah crossover tak membuat ia ditinggalkan penggemar merek Inggris ini, Countryman tetap mewariskan DNA MINI yang sarat prestasi.

The New MINI Countryman pun hadir dengan penyegaran yang membuatnya lebih bongsor, yakni dengan dimensi panjang yang bertambah 20 cm, lebar yang bertambah 3 cm, dan panjang wheelbase 7.5 cm. Penambahan tersebut memberikan efek kelegaan untuk 5 penumpang, serta menambah volume bagasi.

bmw-introducing-the-new-mini-countryman-logo-9877

Unsur klasik dan fitur-fitur hi-tech di kabin | Khalida Nasution

DNA MINI yang tetap ada di Countryman terlihat pada bagian bentuk lampu, kap dan grill. Lampu utama dan lampu kabutnya pun telah disematkan LED. Fitur elektrik juga telah disematkan pada pintu belakang. Tak lupa merancang fitur yang disebut MINI Picnic Beach di bagasi belakang agar memudahkan penumpang mengganti dan melepas sepatu.

Fitur layar sentuh pada pusat hiburan berbentuk bulat kini lebih responsif dan lebih nyaman dioperasikan. Kemudian, ada pula dukungan Mini Connected App dan Find Mate untuk memudahkan pengguna lewat ponsel pintar.

bmw-introducing-the-new-mini-countryman-logo-9898

Mesin 2.0 L dengan percepatan 8 transmisi dijamin gahar | Khalida Nasution

Untuk urusan mesin sendiri MINI Countryman terbagi dua yakni mesin berkapasitas 1,5 liter untuk MINI Cooper Countryman dan 2,0 liter untuk MINI Cooper S Countryman. Jumlah transmisinya pun berbeda dimana mesin 1,5 liter memiliki 6 transmisi percepatan dan 8 transmisi percepatan untuk 2,0 liter. Masing-masing tipe dibanderol dengan harga Rp 660 juta dan Rp 865 juta berstatus off-the road.