Tekno Otomotif

Oreo, Rasa Manis Baru dari Google

Setelah banyak yang menebak camilan apa yang akan menjadi nama sistem terbaru android, Google akhirnya membocorkannya ke public. Sistem operasi terbaru android 8.0 ini bernama Oreo. Ya, nama biskuit terkenal ini dipilih oleh Google.

Dikutip dari web resmi Android, sistem ini akan menjadi penerus OS sebelumnya, yakni Android Nougat. Google sendiri memilih nama Oreo tak lain karena ingin nama itu lebih dikenal banyak orang. Dan memang sudah menjadi tradisi Google dalam memilih nama sistem dengan nama camilan.

Lalu rasa manis apa saja yang dibawa oleh Android Oreo ini pada pengguna ponsel pintar? Setidaknya ada 11 hal yang menjadi pembaharuan di Android Oreo ini. Yang paling pertama ialah tampilan emoji lebih kartunis ketimbang Android Nougat, lalu kita juga bisa menikmati video meski sedang melakukan video call lewat fitur Picture in Picture.

Selain itu, kecerdasan pada Oreo ialah kemampuannya  dalam keamanan, membaca teks, serta aktivasi Wi-Fi dan pemberitahuan yang lebih baik. Dengan begitu, kita tak perlu repot-repot lagi mengatur setiap aplikasi yang ada pada ponsel pintar milik kita.

Keunggulan tersembunyi lainnya dari Oreo adalah kemampuan menghapus watermark atau tanda air. Ini ditujukan agar para fotografer dan komunitas fotografi dapat dengan mudah menggunakan foto yang sama dan melacak seberapa jauh penyalahgunaan foto mereka.

Berhubung masih sangat baru, Google pun tak mau sembarangan membiarkan semua ponsel mencicipi manisnya Android Oreo. Baru beberapa produk saja yang bisa menggunakan sistem ini, di antaranya ialah Google Pixel, Pixel XL, Nexus 5, dan Nexus 6P.

 

Diluar ponsel milik Google, ada nama-nama seperti Essential, General Mobile, HMD Global atau pemilik merek Nokia sekarang, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp dan Sony. Penasaran?