Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Hal itu pula yang membuat kita merayakan Hari Pendidikan Nasional, pada 2 Mei 2016. Lahirnya peringatan Hardiknas sendiri karena jasa tokoh sekaligus pahlawan nasional KI Hajar Dewantara dalam dunia pendidikan di tanah air semasa hidupnya.

Tema yang diusung pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kali ini adalah “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita”. Oleh karena itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan berharap, pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia.

Seperti dilansir dari Kemendikbud.go.id, Anies Baswedan menilai, Hardiknas yang dirayakan bersama dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap dampak perjuangan tokoh-tokoh terdahulu. Oleh karena itu, menurutnya, sudah saatnya masyarakat bahu-membahu mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

“Ayo kita ikut bergerak, ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan itu,” ujar Anies Baswedan, dikutip dari naskah pidato Hardiknasnya.

Selain itu, Anies Baswedan juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memberikan kontribusi seperti apa yang telah didapat dari pendidikan. Adapun caranya, yakni dengan mengibarkan semangat bergerak untuk pendidikan dan meneruskan usaha bersama untuk membangun pendidikan.

Hari Pendidikan Nasional kali ini pun dimeriahkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian adat oleh para karyawan dari berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Melihat dari hal itu, marilah kita sama-sama membangun lewat pendidikan, karena pria sejati pasti mendidik.