Terkini

Sensasi Tinggal Di Luar Angkasa

Pernah membayangkan untuk tinggal di luar angkasa? Mungkin ini terdengar seperti lelucan sarkastik yang digambarkan oleh film-film fiksi. Tapi ternyata hal itu bukan imajinasi saja, sebentar lagi akan menjadi nyata.

Dikutip dari Sciencemag.com, Selasa (20/6/2017), Tak hanya sebuah tempat tinggal, namun tempat ini nantinya akan menjadi sebuah Negara bernama Asgardia. Negara ini didirikan oleh ilmuwan ternama asal Rusia Igor Ashurbeyli pada bulan Oktober 2016. Sekilas memang nama Negara ini mirip dengan nama asal superhero Thor. Mungkin sang ilmuwan terinspirasi atau bahkan mengidolakan sang superhero tersebut.

Nama Asgardia sendiri sebenarnya merupakan nama yang ada pada mitologi bangsa Nordik. Artinya adalah sebuah tempat yang dikuasai oleh para dewa. Rencananya tempat ini akan menjadi hunian bagi jutaan manusia di bumi, bagaimana bisa?

Meskipun secara fisik belum ada dan terbentuk, tetapi para pendirinya yang terdiri dari ilmuwan, pengusaha dan pengacara sudah membuka pendaftaran bagi penghuni bumi. Sejak dibuka pada Oktober 2016, tercatat para pendaftar telah mencapai hampir setengah juta jiwa. Tujuan utama berdirinya Negara ini untuk menjadi perisai bumi dari ancaman benda-benda luar angkasa yang berbahaya.

Asgardia pun telah memiliki bendera dan lambang Negara meskipun belum resmi. Diulas oleh Vice, jika sebentar lagi akan ada voting terkait bentuk pemerintahan, bendera dan lambang negara. Selanjutnya sang ilmuwan Igor Ashurbeyli juga mengatakan, Asgardia akan berusaha agar eksistensinya bisa diakui oleh negara lain maupun PBB.

Igor Ashurbeyli juga mengatakan dalam jumpa pers di Paris, Rabu (12/10/2016), jika unsur ilmiah dan teknologis proyek ini bisa dijelaskan dalam 3 kata, yaitu perdamaian, akses dan perlindungan.

Ada beberapa syarat umum untuk menjadi warga Negara Asgardia. Pertama, sobat lanang sudah berusia 18 tahun. Kedua, harus isi formulir dulu seperti biasa untuk mengisi data diri. Ketiga, kalau kalian tak lengkap mengisi data diri maka tak akan diterima. Keempat, Negara kita di bumi memperbolehkan kita memiliki dua kewarganegaraan. Dan yang terakhir, kita bukanlah robot.

Tak hanya itu sobat lanang, Asgardia juga mengklaim sebagai contoh masyarakat yang bebas dan tak terikat. Menjunjung tinggi pengetahuan, kecerdasan, ilmu sebagai inti, serta mengakui nilai luhur dari setiap manusia.

Gimana sobat lanang, tertarik untuk pindah kesini? Siapa tahu bisa ketemu Thor dan keluarganya. Kalau penasaran atau ingin bergabung bisa lihat langsung di situs resminya www.asgardia.space.