Gaya Lanang

Shelby Cobra, Nostalgia Otomotif dan Jam Tangan

Fashion dan otomotif sepertinya memang dua hal yang berbeda, namun keduanya sering berkolaborasi sehingga menghasilkan karya yang menarik. Salah satunya adalah jam tangan dari Baume & Mercier yang diberi nama Capeland Shelby Cobra. Ya, sesuai dengan namanya jam ini merupakan kolaborasi antara Baume & Mercier bersama Shelby.

Ternyata ketangguhan dan elegannya Shelby Cobra pada masanya menginspirasi Baume & Mercier untuk membuat jam dengan desain yang diadaptasi dari Shelby Cobra. Lanang Indonesia sendiri sudah mengamati langsung bagaimana kerennya jam ini, saat diundang dalam mini workshop yang dihadiri langsung oleh Director of Design Baume & Mercier, Alexandre Peraldi.

Mengusung desain yang vintage chronograph lansiran tahun 1948 yang terkenal berkat desain retro, garis desain klasik, dan fungsi tachymetre . Capeland Shelby Cobra memiliki case berdiameter 44 mm dengan sentuhan tiga crown yang cukup besar. Jarum penunjuknya sendiri memiliki bentuk seperti jari-jari pada velg mobil. Sedangkan panel chronograph-nya diinspirasi dari bagian kokpit kemudi mobil balap Shelby Cobra.

shelby2

Tabel chronograph yang sangat otomotif dan penunjuk jam dengan bentuk kepala Cobra | Dok. Baume & Mercier

Mungkin yang unik dari jam tangan ini ialah lempeng besi watch hand yang mengadaptasi bentuk kepala cobra di dalamnya. Selain itu pada tali jam tangan terdiri dari dua lapisan depan belakang, yakni warna merah dari kulit anak lembu dan hitam dari kulit alligator.

Mesin jam tangan ini adalah mechanical self-winding calibre La Joux-Perret 8120, dengan power reverse selama 42 jam dan telah dilengkapi dengan chronograph dan penanda tanggal. Jam tangan edisi khusus ini pun hanya di diproduksi sebanyak 1965 buah saja, sesuai dengan tahun kejayaan Shelby Cobra dalam dunia balap.