Terkini

Suara Gelisah Milenial Di Dunia

Kini penduduk dunia diisi oleh lebih dari 6 miliar manusia, ternyata setengahnya adalah generasi milenial. Mungkin dalam beberapa kesempatan Lanang Indonesia membahas soal generasi milenial, pada faktanya generasi ini memang unik dan banyak menjadi sorotan.

Terlepas dari omongan miring soal generasi milenial, ternyata mereka juga punya moral yang besar terhadap sekitar. Menurut survei tahunan terbaru dari Global Sharper Community yang rutin mengangkat riset tentang milenial menemukan fakta jika sebanyak 56 % responden yang ikut serta dalam survei ini mengatakan jika pendapat mereka tak pernah didengar oleh para pembuat kebijakan.

Sebanyak 25 ribu responden yang berusia dari 18-35 tahun dari 186 negara dan regional mengikuti survei ini. Ternyata banyak kegelisahan-kegelisahan mereka yang mulai disuarakan, dan semuanya menyangkut banyak orang bukan pribadi.

Peta riset yang dibagi dalam 8 wilayah ini mulai dari Amerika Utara, Eropa sampai Asia Timur & Pasifik. Indonesia sendiri masuk dalam wilayah Asia Timur & Pasifik. Dari semuanya, ternyata generasi milenial paling meresahkan isu kerusakan lingkungan yang paling serius dan berdampak langsung pada bumi. Sebanyak 48,8% isu ini menjadi sorotan para milenial dalam bersuara. Lalu sebanyak 38,9% menyoroti konflik atau peperangan dalam skala besar, mungkin ini terjadi karena mereka resah akan kedamaian dunia yang makin terusik.

Selain itu, isu ketidaksetaraan menjadi isu ketiga yang menyumbang suara gelisah para milenial. Sebanyak 30,8% generasi milenial menganggap masalah ketidaksetaraan seperti pendapatan dan diskriminasi sebagai isu penting.

Meskipun isu-isu tersebut menjadi sorotan secara umum, namun survei ini juga menunjukkan setiap anak muda di berbagai Negara punya kekhawatiran sendiri terhadap negaranya. Misalnya saja di Asia Timur & Pasifik, khususnya Indonesia, persoalan korupsi yang masif dan menjelma menjadi budaya adalah perhatian utama mereka.

Memiliki populasi paling banyak di dunia harusnya membuat kita sadar jika generasi milenial, sepakat atau tidak, adalah generasi yang akan menentukan masa depan dunia ke depannya. Sepertinya kita mulai harus melihat kepedulian mereka sekecil apapun walaupun dengan cara yang terkadang tak biasa.