Infrastruktur yang belum mendukung   bukan berarti membuat mobil listrik ternama ciut untuk masuk ke Indonesia. Prestige Image Motorcars sebagai importir umum yang bermarkas di Pluit, Jakarta Utara, baru saja meluncurkan Tesla Model X.

Mobil asal California, Amerika Serikat ini memang telah lama mencuri perhatian karena secara khusus mengembangkan mobil sport bertenaga listrik. Setelah mendapat restu untuk mengaspal di Indonesia, lalu bagaimana kemampuannya? Kita ulas sekarang bro.

Tesla Model X sendiri merupakan produk ketiga dari Tesla. Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2012, Tesla Model X langsung menerima reservasi setahun kemudian. Mengusung DNA SUV membuat mobil ini memiliki bentuk dan fitur yang gagah. Sebenarnya agak bingung untuk mengatakan mobil ini SUV, karena disebut hatchback pun masih pantas secara desain. Tapi jarak dasar yang tinggi dan kokoh dengan pelek 20 inci membuat mobil ini masuk kasta SUV.

tesla3

Layar panel sebesar 17 inci membuat pengguna leluasa mengatur fitur-fitur pada Tesla Model X | Dok. Tesla

Sebelum masuk ke sistem tenaganya yang menggunakan listrik, Tesla Model X sudah menarik perhatian dengan pintu belakangnya yang di desain wing doors. Pintu tersebut ditujukan agar memudahkan penumpang bagian belakang saat parkir di lingkungan yang sempit. Penggunaan pintu seperti ini memang bukan pertama kali, namun Tesla merupakan yang pertama menerapkannya di pintu belakang.

Meski berbadan SUV, Tesla Model X memiliki kapasitas penumpang yang cukup luas dengan konfigurasi sistem penggerak semua roda atau all wheel drive. Uniknya, Jumlah kursi pada mobil ini dapat dimodifikasi dari tujuh penumpang menjadi 6 atau 5 penumpang.

Untuk fiturnya Tesla Model X sudah membawa segudang teknologi yang membuat mobil ini menjadi mobil listrik dengan keamanan bintang lima. Hal itu dirilis oleh otoritas keselamatan lalu lintas jalan tol Amerika Serikat, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). NHTSA memberikan penilaian bintang lima kepada Model X untuk setiap kategori dan subkategori yang diujikan.

Fitur dan kelengkapan yang dimiliki mobil ini meliputi, 12 airbags, tombol kontrol yang terintegrasi pada layar, serta sistem autopilot yang mengasyikkan. Sistem ini akan membantu pengemudi untuk berkendara dengan melepas setir, pedal gas dan rem. Mobil akan bisa berbelok dan mengerem sendiri saat ada penghalang atau kendaraan lain di depannya.

tesla1

Dimensi dan interior yang tertata baik membuat lapang serta fungsional | Dok. Tesla

Untuk sektor mesin, Tesla memberi 4 pilihan kapasitas baterai yang berbeda. Keempat kapasitas baterai Tesla Model X tersebut mulai dari model 75D, 90D, 100D sampai P100D. Untuk tipe 75D sendiri yang akan didatangkan ke Indonesia memiliki kapasitas baterai hingga 75 kWh dengan kemampuan daya tempuh hingga 380 Km.

Prestige Image Motorcars pun selaku importir akan mempermudah pengguna tanah air dengan menghadirkan wall charger atau pengisi daya dinding. Alat ini akan mempermudah pengguna saat mengisi daya baterai mobil. Untuk sekali isi Tesla Model X sanggup melaju sejauh 380 Km.

Dan yang terakhir mungkin sudah saatnya kita berbicara harga bro. Sobat lanang pasti sudah mengira jika mobil ini tak akan dibanderol dengan angka yang sedikit. Melihat berbagai teknologi futuristik menempel pada mobil ini. Bagi yang berminat silahkan rogoh kocek sampai terkumpul   200.000 US$ atau setara Rp 2,65 miliar dengan status off the road.