Tekno Otomotif

V-Strom 250, Penjelajah Suzuki Untuk Pemula

Suzuki dengan penuh percaya diri kembali mengeluarkan salah satu andalannya di lini motor adventure. Motor bermesin dua silinder dengan kapasitas 250 cc ini diberi nama V-Strom 250. Memilih Cina untuk menjadi tempat pertama mengaspalnya, bukan tak mungkin dalam waktu dekat juga akan segera berlabuh di Indonesia.

Indonesia sendiri memang terbilang sepi untuk kehadiran motor adventure khususnya di kelas 250 cc. Mungkin yang paling ternama untuk di kelas ini adalah Kawasaki Versys 250 dan Viar Vortex 250. Jika kita melirik penampilannya, Suzuki V-Strom 250 ini mengadopsi desain V-Strom series seperti V-Strom 650 dan V-Strom 1000.

v-strom3

Suzuki V-Strom 250 tanpa box tambahan | Dok. Suzuki UK

Warisan DNA V-Strom membuat motor ini memiliki gaya khas petualang, berpostur tinggi dan desain fairingnya yang seperti paruh burung. Bicara soal mesin, V-Strom 250 tidak mewarisi konfigurasi mesin V-twin seperti Suzuki V-Strom 650. V-Strom 250 dilengkapi dengan mesin parallel-twin, SOHC dan berpendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga dan torsi besar.

Dengan menggunakan mesin tersebut Suzuki V-Strom 250 mampu melepaskan tenaga sebesar 24.6 dk dengan putaran 8.000 rpm serta memiliki torsi maksimum sebesar 23.4 Nm dengan putaran 6.500 rpm. Agar semakin memaksimalkan mesin dan pembakarannya, Suzuki menyematkan sistem Fuel Injection agar lebih optimal dan hemat bahan bakar.

Untuk menguatkan karakter dan kemampuannya sebagai motor adventure maka V-Strom memiliki kaki-kaki yang kuat dan tangguh. Itu karena motor ini yang sudah pasti akan lebih sering bermain di jalanan off-road. Roda berukuran 17 inchi dengan ukuran 110/80 untuk ban depan dan 140/70 untuk ban belakangnya juga disematkan untuk melengkapi performanya.

v-strom2

Headlamp bulat dan mika penahan angin menunjukkkan motor ini siap menjelajah | Dok. Suzuki UK

Agar membuat pengendaranya nyaman dalam bepergian jarak jauh serta fokus dalam melewati jalan ekstrem, maka fitur pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) ada pada Suzuki V-Strom 250. Sejak diluncurkan di Cina, motor ini dibanderol 29.880 untuk versi standar dan 31.880 Yuan untuk versi ABS. Jika dikonversikan menjadi rupiah maka sekitar Rp 58 juta untuk standard dan Rp 62 juta untuk ABS.

Kemungkinan Suzuki V-Strom 250 ini menjadi buruan para penggila motor adventure di Indonesia sangatlah mungkin. Pertama, V-Strom menjadi penyegaran terhadap tipe adventure di kelas entry level. Kedua, produk-produk Suzuki sudah banyak yang menuai pujian dan laku keras di pasaran seperti GSX 150, tertarik bro?