Terkini

16 Film Festival, Komitmen Hentikan Kekerasan Lewat Film

Melihat kondisi akhir-akhir ini memang mengkhawatirkan. Situasi kekerasan berbasis gender dan seksual di Indonesia semakin tinggi. Jumlahnya pun terus meningkat, belum lama ini saja kita dipertontonkan oleh peristiwa seorang suami yang menembak istrinya sendiri sampai tewas. Belum lagi seorang anak berusia 15 tahun yang diperkosa oleh 20 orang. Melihat itu semua kita harus saling menjaga dan melakukan hal nyata untuk memperbaiki perubahan.

Melihat situasi tersebut Jaringan #GerakBersama, Kalyanashira Films dan 100% Manusia Film Festival merasa harus berbuat sesuatu untuk mengkapanyekan urgensi penghapusan kekerasan berbasis gender dan seksual. Gagasan tersebut pun terealisasikan dalam EnamBelas Film Festival (16FF). Festival ini akan menjadi kampanye yang menggunakan media film sebagai sarananya. Dan akan digelar bertepatan dengan kampanye global 16 Days of Activism atau lebih populer dengan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap perempuan.

ff16a

Para volunteer ambasador membacakan 16 Sumpah Hapus Kekerasan berbasis gender & seksual | Andika Aditia

Rencananya rangkaian acara ini akan dimulai pada 25 November sampai 10 Desember 2017. 16FF akan memutar 16 film panjang dan 16 film pendek selama 16 hari untuk menyerukan 16 sumpah #GerakBersama dalam upaya penghapusan kekerasan seksual. Sebanyak 16 Volunteer Ambasador juga akan turut serta untuk menyukseskan acara ini, mulai dari seniman, pemain film sampai sutradara.

Nama-nama seperti, Atiqah Hasiholan, Chelsea Islan, Happy Salma, Lukman Sardi, Rio Dewanto, Reza Rahadian dan Tara Basro terlibat di dalam kegiatan ini.

Total sebanyak 32 film yang dipilih untuk diputarkan selama festival merupakan film yang sesuai dengan tema dan komitmen untuk penghapusan kekerasan berbasis gender dan seksual. Film-film pilihan tersebut pun semuanya merupakan karya anak bangsa di mana para produser, sutradara hingga para pemainnya memiliki kepedulian yang sama dalam upaya penghapusan kekerasan.

Tak hanya diputar, film-film ini juga akan didiskusikan di Jakarta dan 11 kota lainnya di Indonesia. Kota-kota tersebut ialah Jakarta, Bengkulu, Jambi, Bandar Lampung, Depok, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Keerom, Papua.

ff16c

Reza Rahadian berfoto untuk Lanang Indonesia saat konferensi pers 16 Film Festival| Andika Aditia

Reza Rahadian dalam kesempatan ini juga mengungkapkan jika apapun motif kekerasan tidak bisa dibenarkan. Karena kekerasan bisa memberi dampak buruk baik bagi korban dan juga sang pelaku itu sendiri.

“Cinta kasih dan perdamaian harus terus dikampanyekan, termasuk salah satunya adalah dengan berkampanye penghapusan kekerasan berbasis gender & seksual. Berapa banyak kasus-kasus kekerasan seperti kasus kekerasan seksual berupa perkosaan yang kita dengar dan baca dalam berita setiap harinya. Kampanye ini harus kita mulai dari sekarang karena kalau tidak kapanlagi?” ucap Reza.

Lukman Sardi pun turut bersuara, menurutnya “Manusia lahir dari perwujudan cinta dan cinta itu tidak mengenal kekerasan. Jadi apakah kita manusia jika masih melakukan kekerasan?”

Festival film ini dirasa sangat tepat untuk mengkampanyekan penghapusan kekerasan, di tengah situasi kekerasan yang terus terjadi. Terutama seputar kekerasan berbasis seksual dan gender yang makin meresahkan. Mari kita dukung bersama untuk Indonesia yang lebih baik dan berbudaya!