News

2 Wanita Indonesia Sukses Menaklukan Puncak Everest

Dua pendaki wanita dari Indonesia sukses mencatatkan namanya sebagai orang yang menapaki kaki di Puncak Gunung Everest, Himalaya, Tibet, Senin (17/5/2018) waktu setempat. Dua pendaki wanita dari Tim The Women of Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU) tersebut Berhasil membentangkan bendera merah putih  di puncak gunung tertinggi dunia dengan ketinggian 8.848 Mdpl.

 

Dua pendaki mahasiswi dari Universitas Katolik Parahyangan tersebut yakni Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda) dari tim The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala-Unpar WISSEMU telah memulai perjalanannya pada 17 April 2018. Mereka memulainya dengan proses aklimatisasi atau aktivitas adaptasi tubuh pada ketinggian tertentu dari Everest Base Camp (EBC) yang berada di Tibet (5.400 mdpl) hingga Camp 1 (7.050 mdpl).

“Saat ini tanggal 17 Mei 2018, pukul 5.50 Sang Saka Merah Putih berkibar di puncak Everest! Bendera Indonesia di tujuh puncak dunia! Keberhasilan ini kami persembahkan untuk persatuan bangsa! Untukmu Indonesia! Terima kasih banyak Unpar, Mahitala, Bank BRI, Multikarya Asia Pasifik Raya!,” ucap Hilda melalui pesan satelit sesaat setelah tiba di Puncak Gunung Everest, dalam siaran pers WISSEMU MAHITALA.

Pelepasan yang dimulai pada 27 Maret 2018, perjalanan mereka berdua menuju Everest bukanlah hal yang biasa. Tidak mudah untuk bisa sampai ke sana, butuh tekad yang kuat dan siap mempertaruhkan nyawa. 

Setelah melewati prosesn aklimatisasi, mereka turun lagi ke desa untuk melakukan pemulihan. Kemudian mereka mulai mendaki dari EBC menuju ke Advanced Base Camp. Setelah beristirahat satu hari di Advanced Base Camp, mereka akhirnya kembali naik menuju Camp 1 (7050 mdpl), lalu keesokan harinya menuju Camp 2 (7800 mdpl), dan pada tanggal 16 Mei 2018, Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda) sampai di Camp 3 (8271 mdpl). Malam dini hari mereka perlahan melaju ke puncak dan akhirnya sampai di Everest pada 17 Mei 2018 pukul 05.50 pagi. Perjuangan yang tak semua orang bisa melaluinya.

Capaian tersebut pun menjadikan mereka wanita Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang menggapai 7 puncak dunia. Raihan ini mencatatkan nama Indonesia dalam daftar yang sudah berhasil menaklukkan 7 puncak dunia. Tak banyak orang dan Negara yang bisa melakukan ini.

Sebelum sukses menaklukkan Everest, Deedee dan Hilda juga sudah menaklukkan 6 puncak yang lainnya, yakni seperti Carstenz Piramid, Aconcagua, Elbrus, Kilimanjaro, Denali dan Vinson Massif.