Terkini

20 tahun Festival Sinema Prancis di Jakarta

Hari ini Festival Sinema Prancis resmi dibuka. Perayaan festival film di tahun ke 20 ini berlangsung dari tgl 3 – 6 Desember 2015. Bukan hanya di Jakarta, namun juga akan diputar di 9 kota di seluruh Indonesia yaitu Bandung, Denpasar, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar dan Balikpapan.
Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis di Indonesia sekaligus Direktur Institut Francais Indonesia ( IFI ) , Marc Piton mengatakan “20 tahun Festival Sinema  Prancis menjadi momen untuk melihat banyaknya perubahan yang menggembirakan. Dulu tak hanya film Prancis yang terbatas aksesnya tetapi film Indonesia. Kini lahir generasi baru di industri film Indonesia dimana semakin banyaknya produksi film Indonesia yang berkualitas. Perubahan juga ditandai dengan makin beragamnya mitra kerja IFI dalam penyelenggaraan Festival Sinema Prancis, jumlah ko produksi film Indonesia – Prancia yang bertambah dan semakin banyak pula film Indonesia yang mengambil tempat syuting di Prancis”. Marc Piton yang sempat menjabat sebagai Atase Audiovisual Kedubes Prancis di Jakarta pada tahun 1999 – 2003 dan salah satu tokoh yang menginisiasi Festival SInema Prancis di Indonesia ini menambahkan, “Tahun 2015 ini adalah awal baru dari 20 tahun yang akan dating di mana cakupan kerjasama dan bentuk kemitraan Indonesia – Prancis dalam bidang sinema akan semakin luas dan intens”.
Perayaan 20 tahun turut dimeriahkan dengan dipilihnya dua orang Duta Festival  Sinema Prancis 2015, Garin Nugroho dan Tara Basro.