Keuangan

3 Hal yang Bikin Gaji Numpang Lewat

Sebagai seorang karyawan, gaji adalah hal yang paling dinanti setiap bulannya. Sebagai pemasukan utama, gaji adalah sumber dana yang tak hanya untuk rekreasi tapi juga penyambung kebutuhan sepanjang satu bulan ke depan.

Sayangnya berbagai godaan membuat kita lupa untuk mengatur keluar masuknya uang tersebut. Pada banyak kasus serius gaji akhirnya hanya berlalu begitu saja tanpa sisa.

Tidak Disiplin

Rencana manis yang telah disusun untuk apa saja menggunakan gaji sering tidak sesuai dengan apa yang tertulis. Tak kuat menahan badai diskon membuat kita dengan bebasnya menghamburkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Mungkin kalian sudah punya daftar pengeluaran bulanan, tapi pasti banyak dari kalian yang tidak disiplin dalam menaati daftar tersebut. Semua orang mengalami godaan yang sama soal ingin belanja ini itu, tapi kenapa tabungan teman bisa berjuta-juta sedangkan kita sendiri masih sisa Rp 200.000 di akhir bulan saja sudah lumayan? Ask yourself bro!

Tagihan

Masih jauhnya tanggal pembayaran atas semua tagihan membuat kita selalu menunda-nunda pembayarannya meskipun telah memiliki uang. Mungkin Anda lebih senang membayarnya saat sudah mendekati jatuh tempo dengan risiko telat yang tinggi. Denda kartu kredit lumayan lho.

Selain itu kita pasti memiliki kendaraan baik roda dua atau empat yang dibeli secara kredit. Tagihan ini lumayan menyiksa untuk beberapa tahun jika dibandingkan dengan mengumpulkan uang dan membeli kendaraan bekas.

Tunggu Sisa

Sponsored Links

Masih berpikir jika menabung hanya di saat memiliki uang sisa? Buang pikiran ini jauh-jauh. Sebaiknya langsung sisihkan sebagian gaji untuk ditabung sebelum terkuras dan akhirnya tak tersisa.

Dalam hal ini juga sering kali kita masih memiliki pandangan kuno soal rezeki, di mana ada kata “rezeki sudah ada yang mengatur”. Kata bijak ini jelas mengacu pada satu orang, yaitu kita sendiri yang mengatur rezeki kita.

Itulah 3 hal yang sering membuat gaji kita hanya mampir sesaat di dalam dompet. Semoga tips di atas dapat memberi pencerahan bagaimana menyiasati gaji. Selamat mencoba bro!