Gaya Lanang

#3TahunJokowi: Top 5 Outfit Jokowi

Menjelang tiga tahun Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Presiden Indonesia, maka kami akan memberikan rangkaian cerita-cerita unik tentang Jokowi yang tentunya tidak berbau politis. Dimulai dengan Top 5 Outfit Jokowi ini.

Bersahaja, praktis dan sederhana adalah kesan yang didapat dari cara berpakaian presiden kita ini. Pilihan busananya cenderung mudah untuk masuk ke berbagai kalangan dan acara. Secara garis besar kami menemukan Jokowi memiliki lima fashion item yang semakin populer sejak ia kenakan.

 

Kemeja Putih

jokowikemejaksp

Kemeja putih Jokowi saat sedang blusukan di Sumatera Utara | ksp.go.id

Bersahaja dan elegan dipancarkan melalui warna putih. Jokowi sering memakainya mulai saat blusukan ke pasar tradisional hingga bertemu pejabat di istana negara. Warna netral ini disukai banyak orang karena membawa pesan bersih, kejujuran, kebaikan. Secara garis besar kemeja putih ini tentu sangat mudah diterima dalam situasi apapun.

FYI: Kemeja putih ini berasal dari sebuah tailor sederhana di Solo, Jawa Tengah. Harganya cukup terjangkau yakni Rp 150 ribuan per buahnya.

 

Jaket Bomber

jakeetbomberjokowiksp

Jaket bomber Jokowi saat konferensi pers 4 November 2016 | ksp.go.id

Sejak terdokumentasi mengenakannya, jaket bomber a la Jokowi langsung menjadi viral. Anak-anak millenial merasa terkoneksi dengan presiden yang masih memelihara jiwa muda ini. Dari sisi fashion, jaket kasual  ini terlihat kekinian dengan aksen risleting di salah satu lengannya. Secara keseluruhan, ia tetap rapi dan memastikan sang presiden tetap berwibawa.

FYI: Jokowi sendiri mengaku jika jaket bomber tersebut adalah milik anaknya yang dia pinjam untuk dipakai saat konferensi pers di Istana 4 November 2016.

 

Kemeja Batik Pengganti Setelan Resmi

jkw-batik

Beragam jenis batik Jokowi | Istimewa

Jokowi mencairkan kekakuan dengan mengenakan kemeja batik sebagai alternatif setelan jas. Ini adalah apresiasi terhadap batik yang pada dasarnya merupakan pakaian formal. Selain itu, lewat kemeja batik ini juga ada ajakan tersirat bagi rakyat untuk bisa lebih menghargai salah satu kekayaan budaya kita yang sempat menjadi sengketa dengan negeri tetangga ini.

 

Sarung & Jas

jokowisarungksp

Setelan sarung & jas Jokowi saat hadiri Hari Perdamaian Internasional | ksp.go.id

Beberapa kali Jokowi mengenakan sarung bersama jas pada acara kenegaraan, menjamu atau mengunjungi tokoh penting mancanegara. Jokowi seperti mencoba untuk mengingatkan pada kita betapa penting dan terhormatnya makna sarung bagi kebudayaan kita. Dengan cerdas dikombinasikan bersama jas untuk mendapatkan aura formal.

 

Baju Adat

jokowiadatkemenag

Baju adat Banjar yang dipakai Jokowi saat HUT ke-72 RI | Kemenag

Jokowi termasuk presiden yang senang menggunakan baju adat dari seluruh penjuru Nusantara. Bahkan di perayaan HUT RI yang ke-72 lalu saja dirinya menggunakan dan mengajak para tamu untuk menggunakan pakaian adat nasional.

Pada perayaan itu Jokowi mengenakan pakaian adat Banjar dari Kalimantan Selatan. Tak melulu harus latar belakang asal daerah, lewat pakaian adat ini juga Jokowi seperti tak henti-hentinya mengingatkan betapa Indonesia sangat kaya akan budaya.

Gaya berbusana biasanya akan mudah menjadi inspirasi apabila padu-padan sesuai dengan kepribadian. Lima fashion item tadi merupakan pilihan busana Jokowi yang tak saja membuat penampilannya dikenang, tapi juga memperkuat karakternya sebagai presiden banyak mengingatkan kekayaan budaya negeri. Bagaimana dengan kalian bro?