Karier

4 Alasan Kenapa Anda Gagal Memulai Bisnis

Memulai bisnis dan berhenti bergantung pada perusahaan adalah keputusan yang sangat mengesankan. Selain melatih diri untuk lebih baik dalam soal manajemen, secara otomatis kita akan membuka lapangan pekerjaan baru jika bisnisnya sudah besar.

Namun pada kenyataannya, rencana tak selalu berjalan mulus. Kata “Gagal” pun bisa saja menghinggapi semua orang yang memulai bisnis. Lalu apa faktor dan alasan yang membuat orang gagal dalam berbisnis?

Riset

Banyak orang memulai bisnis karena bosan menjadi karyawan atau passion. Hal itu memang baik, namun tak selalu membawa keberuntungan. Riset setiap hal terhadap bisnis yang ingin kita jalani adalah keharusan. Seberapa besar jangkauan bisnis kita, barang atau jasa produk bisnis kita dan yang lainnya harus melalui riset agar bisnis kita benar-benar berjalan dengan baik.

Market

Banyak juga yang asik menyiapkan produk sebaik mungkin dengan kualitas yang tak perlu diragukan sampai lupa mencari market potensial tempat menyalurkan produk bisnis. Sebagus apapun produk yang kita buat tanpa pasar tempat memasarkannya hanya akan menjadi sia-sia. Cari tahu berapa banyak pesaing kita, komunitas atau kelompok penjual yang sama dengan kita, serta di mana kita bisa memasarkan produk bisnis kita dengan leluasa.

Segmen

Sponsored Links

Segmentasi dalam produk bisnis adalah hal lumrah. Ini karena terbatasnya usia dan selera konsumen. Satu produk untuk semua kalangan hanya bisa untuk beberapa produk tertentu yang bersifat fungsional semata. Pentingnya membuat segmen terhadap produk bisnis kita adalah agar produk kita punya identitas yang kuat di mata konsumen, sehingga lebih mudah dikenali.

Keuntungan & Solusi

Jika produk bisnis anda berupa barang, maka harus dipikirkan apakah barang tersebut memberi keuntungan atau tidak pada konsumen. Jika produk bisnis anda berupa jasa, maka harus dipikirkan apakah jasa tersebut memberi sebuah solusi atau tidak pada konsumen. Kita ambil contoh, layanan transportasi berbasis aplikasi bisa menjadi booming seperti sekarang, karena jasa yang ditawarkan tersebut memberi solusi kepada konsumen.

Jika anda sudah memikirkan ini semua, maka jangan terlalu lama untuk memulai bisnis. Lanang Indonesia hanya ingin memastikan jika rencana bisnis anda tak sia-sia karena mengulangi kesalahan lama.