Kesehatan

4 Camilan Sehat untuk Lembur

Siapa nih sob yang selepas cuti liburan akhir tahun, masuk kerja masih menyisakan pekerjaan kantor? Bakal lembur lagi ya, pastinya! Intinya, lembur bukan masalah besar kok kalau kalian tetap bisa menjaga kesehatan. 

Bagi kalian yang punya resolusi untuk makin bugar dan turun berat badan harus cari 'teman' lembur yang sehat pula. Biasanya jejeran camilan seperti gorengan, keripik bahkan fast food menjadi teman setia untuk lembur. Kita punya ide camilan yang lebih baik bro!

Yoghurt

Selain sehat, yoghurt juga kaya manfaat terutama sebagai probiotik untuk pencernaan. Karena terbuat dari susu, yoghurt tinggi akan protein dan energi yang membuat kita akan kenyang lebih lama. 

Dalam 100 gram yoghurt mengandung energi sebesar 52 kilokalori, karbohidrat 4 gram, lemak 2,5 gram, kalsium 120 miligram, dan fosfor 90 miligram. Jadi tidak ada salahnya memasukkan yoghurt dalam keranjang belanja kalian saat belanja ke supermarket. 

yoghurt

Jenis yoghurt kemasan pun beragam, ada dalam botol siap minum maupun dalam bentuk cup dengan tambahan aneka buah.

Pilih yoghurt dengan rasa original/plain, tapi jika ingin dengan rasa, pastikan tidak terlalu manis dan mengandung banyak gula ya.

Ahli gizi dan nutritionist, Emilia Achmadi MS, RD juga menyarankan jangan menambahkan gula atau sirup dalam yoghurt karena itu hanya akan menambahkan kalori tanpa menambah nilai gizi lain ke dalamnya. Kalian juga dapat menjadikan yoghurt sebagai dressing untuk salad atau buah segar.

Kalian yang gemar nge-gym sebelum maupun setelah pulang kantor, bagus juga mengkonsumsi yoghurt. Karena yoghurt dapat mengembalikan glikogen dalam otot setelah olah raga dan me- recovery masa otot yang rusak setelah olah raga.

Ubi

Ubi yang dimaksud adalah ubi rebus, bukan goreng. Jadi jika ada tukang ubi rebus di kantin kantor sobat LanangIndonesia, beli dan simpan untuk camilan lembur nanti.

ubi

Selain murah, ubi rebus dapat menjadi camilan yang baik untuk dikonsumsi. Alasannya kerena ubi rebus seperti ubi merah, ubi putih, ubi kuning dan ubi ungu kaya kandungan serat, rendah kalori dan memiliki jumlah karotin yang tinggi, berfungsi sebagai penagkal radikal bebas. Dengan takaran yang pas, karbohidrat yang didapat membuat kita terasa kenyang lebih lama. Kalian yang diet, cocok memilih ubi sebagai camilan.

Kalian perlu tau nih sob, dalam 65 gram ubi rebus mengandung energi 74 kilokalori, karbohidrat 16,6 gram dan beragam kandungan gizi lain seperti Vitamin A, B1 dan C .

Kacang

Kacang bogor, kacang tanah, kacang kedelai dan beberapa kacang-kacangan yang direbus mengandung kalori yang baik untuk tubuh.

Sekali lagi ingat ya sob, kacang yang direbus, bukan digoreng. Karena kacang rebus seperti kacang tanah rebus dalam 100 gram (1 mangkok kecil tanpa kulit) mengandung 318 kalori. Sedangkan untuk untuk takaran yang sama (1 mangkok kacang berkulit) mengandung 200 kalori.

kacang

Untuk karbohidrat 13, 39 gram, protein 8,5 gram dan lemak 13,87 gram. Lumayankan ngemil kacang bikin kenyang…

Kalian yang stres dengan kerjaan kantor yang menumpuk bisa nih ngemil kacang rebus, karena asam amino esensial pada kacang memiliki kandungan tryptophan yang dapat merangsang serotonin dan baik untuk sel otak. Efeknya dapat mengontrol perubahan suasana hati alias mood kalian tetap baik.

Selain itu ngemil kacang juga baik untuk mengobati kebotakan dan mendorong pertumbuhan rambut menjadi sehat. Ini karena kacang merupakan sumber arginin, kaya akan mengandung asam amino.

Buah Segar

Selain dapat menjadi bahan detox bagi tubuh, buah segar juga mengandung serat makanan yang berlimpah. Manfaat lain juga kalian akan merasa kenyang karena kandungan energi dalam buah segar.

Terpenting buah segar dapat membantu pencernaan kalian tetap lancar dan mampu menangkal kolesterol serta lemak dalam tubuh.

buah

Kalian dapat memilih salah satu buah yang simple untuk camilan lembur, misalnya apel. Satu apel berukuran sedang mengandung 4 gram serat yang dapat memenuhi sekitar 17% asupan serat harian yang disarankan. Selain juga  mengandung 14% kebutuhan harian vitamin C kalian sob.

Ternyata mengkonsumsi  apel secara rutin mampu menambah daya ingat. Penting banget untuk kalian mengingat jadwal pekerjaan dan meeting yang semakin banyak (bukan cuma jadwal gajian aja yang perlu dingat). Ini karena kandungan antioksidan pada apel yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Ini fakta lho, hasil penelitian dari University of Massachusetts Lowell yang menunjukkan bahwa apel membantu meningkatkan produksi senyawa kimia acetylcholine yang menjadi penghubung antar sel otak. Wow...

Jadi, pilih camilan apa untuk lembur minggu ini, sob?