Items

4 Jenis Jam Tangan Pria Dan Kegunaannya

Jam tangan merupakan aksesoris klasik yang penting dan wajib dimiliki oleh kaum pria. Selain bisa menunjukan kelas sosial, jam tangan juga dapat menunjukan karakter yang ingin kalian tampilkan.

Ada banyak jenis dan model jam tangan pria yang bisa kalian gunakan. Tapi ternyata pemilihan jenis jam tangan untuk dikenakan itu tidak sembarangan, lho. Ada beberapa situasi dan kondisi yang mengharuskan kita untuk memakai jenis jam tangan tertentu.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang empat jenis jam tangan pria beserta waktu dan kondisi yang tepat untuk menggunakannya. Apa saja sih jenis jam tangan pria itu? Simak yuk.

 

1. Jam Tangan Formal

jam-tangan-1

Ilustrasi Jam Tangan Formal | Istimewa

Jika kalian sering menghadiri suatu acara resmi yang mengharuskan kalian untuk berbusana formal, gunakanlah jam tangan formal dengan model desain resmi untuk menunjang penampilan kalian. Jam tangan analog yang menggunakan jarum sebagai penunjuk waktu adalah pilihan yang tepat untuk acara tersebut.

Bentuk dan model dari jenis jam tangan formal pun cukup beragam, seperti kotak ataupun bundar. Namun biasanya bagian tepi dari jam tangan formal ini berbahan matte, mengkilap, dan ada pula yang berlapis emas ataupun Kristal.

 

2. Jam Tangan Klasik

jam-tangan-1-b

Ilustrasi Jam Tangan Klasik| Istimewa

Jenis jam tangan klasik ini cocok digunakan untuk acara semi formal ataupun saat santai. Bentuk tampilannya hampir mirip dengan jam tangan formal, hanya saja jenis jam tangan klasik ini dibuat lebih sederhana namun tetap elegan.

Salah satu bentuk jam tangan klasik yang bertahan dalam kurun waktu lama dan tak termakan zaman adalah dressier. Tampilan sederhana dan elegan dari bentuk dressier ini bahkan sering digunakan oleh karakter film, James Bond. Bisa dibilang jam tangan klasik ini identik dengan karakter pria maskulin namun tetap santai.

 

3. Jam Tangan Sporty

jam-tangan-3

Ilustrasi Jam Tangan Sporty | Istimewa

Sponsored Links

Jam tangan sporty sangat cocok untuk kalian yang sering beraktivitas di luar ruangan. Keunggulan dari jam tangan sporty adalah mampu bertahan dalam waktu yang lama dan juga fleksibel untuk segala cuaca. Selain itu, jenis jam tangan sporty juga kedap air dan mampu bertahan dalam kondisi cuaca yang basah.

Jam tangan sporty terbuat dari material yang sangat berkualitas serta bagian tepinya berbahan plastik untuk melindungi jam tangan tersebut dari benturan atau goresan. Jam tangan sporty juga memiliki desain chronograph dan dilengkapi dengan teknologi seperti kompas, GPS, monitor tekanan darah dan urat nadi, serta teknologi lain yang menunjang aktivitas luar ruangan.

 

4. Jam Tangan Kasual

jam-tangan-4

Ilustrasi Jam Tangan Kasual | Istimewa

Desain pada jam tangan kasual ini merupakan gabungan dari jenis formal, klasik, dan sporty. Perbedaannya adalah tampilan pada jam tangan kasual dibuat lebih stylish dan up to date.

Bahan yang digunakan untuk membuat jam tangan kasual pun beragam, seperti stainless, karet, kulit, maupun plastik. Jam tangan kasual memiliki bentuk analog, digital, atau bahkan kombinasi analog dan digital.

Keunggulan dari jenis jam tangan kasual ini yaitu teknologi LCD dan LED. Jam tangan jenis kasual sangat cocok untuk aktivitas kasual seperti makan malam dengan pasangan atau keluarga, juga cocok digunakan untuk menghadiri undangan pesta.

 

Itulah empat jenis jam tangan pria serta waktu yang tepat untuk menggunakannya. Setiap jenis jam tangan ini bisa kalian gunakan sesuai dengan selera dan kepribadian masing-masing. Usahakan untuk memiliki dua jenis jam tangan yang berbeda untuk menunjang aktivitas kalian yang beragam. Jangan sampai salah pakai ya, bro.