Gaya Hidup

4 Kendala saat Liburan ke Pedalaman

Rekreasi tak pernah bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, apalagi kalian yang sudah terbiasa dengan rutinitas membosankan sebagai penduduk kota. Liburan menjadi salah satu jalur menghibur diri, tapi karena yang liburan tentu bukan kita saja dan pilihan lokasi liburan tak banyak maka kita pasti sering menemukan destinasi wisata yang padat pengunjung.

Ada kalanya kita bosan dengan gaya liburan ke tempat wisata yang sudah mainstream. Dan saat waktu ini tiba destinasi wisata yang jauh lebih eksotis tentu menjadi pilihan menarik. Tujuan wisata eksotis ini cenderung lebih sepi dan terkadang belum terjamah infrastruktur yang memadai, lalu apa saja sih kendala yang biasa terjadi saat kita memilih destinasi wisata ke pedalaman?

Minim Listrik

Tertarik mengunjungi desa baduy dalam atau pulau tak berpenghuni di sekitar Kepulauan Seribu tentu kalian harus berhadapan dengan sumber energi listrik yang terbatas. Gadget pendukung dokumentasi seperti ponsel dan kamera terancam mati tanpa bisa diisi ulang baterainya.

Tips:. Hemat daya penggunaan baterai ponsel dengan masuk ke modus terbang dan menurunkan kecerahan layar akan sangat membantu. Baterai cenderung lebih lemah di udara dingin, selalu simpan ponsel di kantong terhangat pada pakaian kita. Untuk kamera bawalah baterai cadangan.

Makanan Tak Sesuai

Sponsored Links

Sejujurnya beruntunglah kalian yang menyukai tantangan untuk soal kuliner, tapi bagaimana dengan kita yang tak bisa menerima makanan yang tak kita sukai? Selera makan yang terganggu tentu akan mengurangi asyiknya liburan.

Tips: Bawa sendiri makanan. Tak ada pilihan lain namun di beberapa lokasi akan tampak kurang sopan menolak makanan dari penduduk lokal, jadi pastikan kalian riset dulu ya sebelum berangkat.

Komunikasi

Sejujurnya kendala yang satu ini adalah yang paling menyenangkan. Di saat kita kesulitan berkomunikasi dengan bahasa lisan maka bahasa tubuh akan memainkan perannya. Tapi yang berbahaya adalah ketika kita salah tanggap dan berujung pada salah sikap.

Tips: Ajak teman yang pernah ke lokasi tersebut. Mereka lebih berpengalaman dan sedikit banyak akan menjadi guide kita.

Kultur Yang Tak Biasa

Daerah pedalaman memiliki kebudayaan dan aturan lokal mereka. Mulai dari cara berpakaian, cara makan hingga cara bergaul pasti kita akan menemukan banyak kebiasaan yang berbeda dengan kita yang biasa hidup di kota. Tidak mengikuti aturan mereka mungkin akan membawa masalah bagi kita sendiri.

Tips: Ikuti apapun risikonya. Penduduk lokal akan senang ketika ada orang luar yang mau mengikuti aturan mereka. Percayalah, kita akan menjadi bintang desa.

Itulah beberapa kendala yang biasa tetjadi saat kita memilih destinasi tak biasa untuk liburan. Pada intinya jika kalian memang memiliki jiwa petualang, kendala-kendala di atas justru akan menjadi daya tarik tersendiri. Yang terpenting adalah riset, riset dan riset sebelum berangkat ya bro!