Etika

5 Aturan Berbagi Kamar Kos dengan Teman

Hidup di kota besar seperti Jakarta tidaklah murah, banyak akomodasi seperti makanan, tempat tinggal hingga rekreasi yang akan menghisap pemasukan kalian. Kali ini kita akan membahas soal tempat tinggal. Tinggal di rumah kontrak ataupun kamar kos adalah pilihan terbaik bagi para pria single yang merantau, tapi bagaimana caranya agar lebih murah?

Maka terciptalah pemikiran untuk berbagi kamar kos. Berbagi kamar kos dengan teman jelas akan sangat menekan pengeluaran kita, tapi ingat berarti kita akan hidup seatap dengan orang lain yang walaupun mungkin teman akrab tetap saja harus ada aturan mainnya. Sebelum banyak terjadi konflik, sebaiknya kalian pahami aturan-aturan berbagi kamar kos a la Lanang Indonesia berikut ini.

Sponsored Links

Privasi Privasi Privasi

Privasi adalah hak mutlak siapa pun. Tinggal bersama orang lain tentu akan lumayan menurunkan privasi kalian, maka cobalah untuk tidak saling mengganggu di lingkup ini. Agar mudah, sepakati aturan-aturan mengenai privasi kalian sebelum benar-benar tinggal bersama.

Hati-hati Dengan Uang

Tinggal bersama tentu akan ada saat-saat tertentu di mana kita atau sang teman titip saat akan keluar membeli sesuatu. Berusaha sebisa mungkin santai tapi bertanggung jawab dalam meminjam uang teman sekamar, karena santai akan membuat hubungan kita tidak kaku dan bertanggung jawab akan membuat keadaan tetap kondusif. Uang adalah satu-satunya hal di dunia ini yang tidak kenal teman.

Mengajak Teman Lain

Ada waktunya kita akan mengajak teman lain untuk main ke tempat kos baik hanya sekedar mampir atau nongkrong berlama-lama hingga malam. Kenalkan mereka pada teman sekamar kita untuk membuat suasana lebih cair. Perhatikan kode-kode terselubung dari teman sekamar jika mereka tidak menyukai kehadiran orang tersebut atau setidaknya saat mereka sudah ingin istirahat untuk kembali bekerja besok.

Membawa Pacar

Wanita bisa menjadi hal yang akan mengganggu ketenangan hidup berbagi kamar kos kita. Selalu beri kabar pada teman sekamar saat kita akan mengajak pacar untuk main ke tempat kos walaupun mereka sedang ada di luar. Beberapa pasangan kamar kos lebih senang menjadikan kamar kos mereka sebagai kandang pria sejati dan haram dimasuki wanita. Hal ini lebih baik untuk mengurangi kesenjangan apalagi jika teman sekamar kita single akut.

Tanggung Semua Bersama

Berbagi kamar kos tak hanya berbagi ongkos bayar bulanan, tapi lebih dari itu kita harus menanggung segala macam kebutuhan rumah tangga seperti alat pembersih dan pewangi ruangan dsb. dengan patungan. Berbagilah tugas saat bersih-bersih mingguan misal siapa yang akan mengepel lantai atau membersihkan kamar mandi.