Kesehatan

5 Buah Ini Bikin Kita Tetap Segar Selama Puasa, Apa Saja?

Selama berpuasa kita diharuskan untuk menjaga pola makan agar tubuh tetap stabil dan stamina terjaga. Asupan yang kurang tepat bisa membuat kita justru tak bersemangat menjalani puasa. Mengonsumsi buah-buahan berfungsi untuk menjaga asupan serat dan vitamin bagi tubuh.

 

Karena manfaat tersebut, buah-buahan bisa menjadi opsi untuk tetap bugar selama berpuasa, buah apa sajakah yang dianjurkan?

Kurma

kurma

Buah yang identik di wilayah gurun ini memang lekat dengan kaum muslim, terutama saat di bulan Ramadan. Kandungan glukosa yang tinggi pada kurma membuat buah ini direkomendasikan sebagai menu berbuka. Itu karena kandungan gula dalam kurma berkisar antara 75% – 87%. Lalu, sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa dan 45% berbentuk fruktosa. Hal ini baik untuk mengembalikan energi yang hilang pada tubuh setelah seharian berpuasa.

Kelapa

kelapa

Kandungan isotonik yang ada pada kelapa memang sudah dikenal sebagai pengganti ion tubuh atau cairan yang hilang agar tak dehidrasi. Segarnya air kelapa juga bisa menangani rasa perih di lambung karena asam lambung yang meningkat saat berpuasa. Selain itu, efektif menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula membuat air kelapa cocok untuk penderita diabetes dan yang khawatir akan kolesterol.

Pepaya

papaya

Buah yang terkenal bisa melancarkan sistem pencernaan ini bisa mengurangi rasa mual saat pertama kali berpuasa. Kandungan vitamin C dan pro-vitamin A yang mampu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan, akan membuat saluran pencernaan tetap lancar selama berpuasa dan pastinya akan menjaga kebugaran fisik.

Blewah

blewah

Sponsored Links

Mungkin sobat lanang banyak yang bertanya-tanya kenapa buah blewah sering hadir selama bulan Ramadan. Hal ini ternyata karena rasa manis yang dimiliki oleh buah blewah mempunyai fungsi absorpsi yang akan membantu penyerapan saat kita makan dengan tergesa-gesa, sehingga makanan tidak terkunyah dengan baik. Selain memiliki kandungan vitamin A, mengonsumsi blewah juga bisa membantu menyerap zat-zat yang tak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan bahkan mengatasi rasa mual akibat asam lambung.

Pisang

pisang

Buah yang satu ini ternyata mampu membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Kandungan vitamin A, B1, B2 dan C yang dimiliki pisang bisa juga untuk meredakan asam lambung. Dengan manfaat tersebut, pisang akan meminimalisir potensi kita terkena dehidrasi selama puasa dan menjaga dari serangan maag.

Itulah lima buah yang bagus dikonsumsi untuk menjaga kesegaran tubuh selama berpuasa. Mana buah yang jadi favorit kalian? Selain dari itu semua tentu masih ada beberapa buah lainnya yang berkhasiat untuk membantu tubuh kita dalam berpuasa.