Etika

5 Cara Berkomunikasi dengan Tukang Cukur

Saat potongan rambut kurang sesuai, umumnya kita akan menyalahkan sang barbershop. Sadarlah bro, masalah potong-memotong rambut tidak sesederhana itu. Untuk mendapatkan potongan rambut yang sesuai harapan tidak selalu tentang kecanggihan sang tukang cukur, tapi juga oleh bagaimana kita berkomunikasi dengan mereka.

Ketika kita mampu memberikan bayangan yang pas untuk sang tukang cukur, maka mereka akan bisa bekerja dengan sempurna. Apa yang perlu kita komunikasikan dengan tukang cukur untuk mendapatkan potongan yang bagus?

Spesifik

Spesifik dengan apa yang kita inginkan akan memberikan tukang cukur banyak informasi yang berguna untuk potongan rambut kita. Jika sebelumnya kita hanya datang lalu duduk dan bergumam “Rapihin aja bang,” maka kali ini kita harus menjelaskan gaya seperti apa yang kita inginkan. Standar rapi setiap orang berbeda, maka jangan pernah marah ketika standar sang tukang cukur tidak pas dengan kita.

Gunakan Contoh Foto

Sulit menjelaskan dengan verbal? Carilah foto di internet tentang potongan rambut yang kita inginkan. Pastikan kita membawa tiga foto dari berbagai sudut demi kesempurnaan potongan. Jangan terlalu berorientasi ‘ganteng’ karena model foto yang kita gunakan adalah pria tampan, maka yakinkan dulu apakah potongan tersebut cocok dengan wajah kita yang ala kadarnya.

Ceritakan Gaya Rambut Sebelumnya

Jika kita ingin mencoba gaya potongan yang baru maka jelaskan kepada tukang cukur seperti apa biasanya kita menata gaya rambut sebelumnya. Hal ini akan berfungsi bagi sang tukang cukur untuk mengadaptasikan potongan baru dengan potongan sebelumnya.

Minta Masukan

Kita hanya terlibat dengan potongan rambut sendiri seumur hidup, sedangkan seorang tukang cukur sudah menerima request dari ratusan atau mungkin ribuan kepala sepanjang kariernya. Maka tak ada salahnya kita mendengarkan komentar dari mereka tentang potongan rambut yang kita inginkan.

Menjadi Sahabat

Ketika kita sudah cocok dengan seorang tukang cukur, bersahabatlah dengan mereka. Menjadi langganan akan memberikan nilai lebih di mana kita tak perlu lagi banyak menjelaskan tentang potongan yang diinginkan. Hal ini akan mempersingkat waktu bercukur kita dan juga menghilangkan rasa khawatir salah potong.

Menemukan barbershop yang pas dengan gaya kita sebenarnya gampang-gampang susah. Banyak aspek yang akan mempengaruhi chemistry kita dengan mereka. Selalu ingat, potongan rambut yang sukses pasti merupakan hasil sempurna dari komunikasi dua arah.