Gaya Hidup

5 Destinasi Wisata Tersembunyi Di Jakarta yang Kece

Akhir pekan akan segera tiba, sudah punya rencana untuk pergi kemana? Pergi keluar kota mungkin akan sangat mengasyikkan, tapi tentu juga akan memakan waktu cukup lama. Agar waktu akhir pekan kalian terasa panjang dan tetap bisa berlibur, Lanang Indonesia akan memberikan rekomendasi destinasi wisata di Jakarta yang pastinya punya nuansa berbeda. Mana saja?

Gereja Santa Maria de Fatima

gereja1

 

Tak cuma Gereja Katedral yang terkenal, ternyata ada Gereja Santa Maria de Fatima yang merupakan bangunan gereja tertua di Jakarta karena sudah ada di abad ke-19. Namun, baru digunakan sebagai gereja di tahun 1950-an. Gereja ini juga dikenal dengan nama Gereja Toasebio dan berlokasi di Glodok, Jakarta Barat. Arsitektur gereja ini khas Fukien (Tiongkok Selatan) dan bahkan ada 2 patung singa di bagian depannya. Bangunan ini awalnya adalah milik seorang Kapten orang Tionghoa.

Rumah Mayor - Candra Naya

rumah-mayor

 

Masih di sekitar kawasan Jakarta Barat, ada Gedung Candra Naya atau yang sering disebut Rumah Mayor. Ternyata bangunan kuno ini dulunya adalah milik mayor Batavia, Khouw Kim An, yang didirikan pada musim gugur tahun kelinci api yakni antara tahun 1807 atau 1867. Meski lokasinya di Jalan Gajah mada yang banyak gedung-gedung modern, Rumah Mayor yang bergaya Cina kuno ini masih terus bertahan. Dan inilah yang menjadi keunikannya, karena berada di bawah gedung tinggi.

Kawasan Hutan Mangrove

mangrove2

 

Kata siapa Jakarta tak punya hutan mangrove? Jika ingin plesiran ke kawasan hutan mangrove yang rimbun, sobat lanang bisa mengunjung kawasan wisata hutan mangrove yang berada di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara. Luas hutan mangrove ini mencapai 99,82 hektare dengan beragam wahana yang ditawarkan pengelola.

Kampung Tugu

tugu

 

Kampung Tugu adalah wilayah di pinggir Batavia yang diperuntukan oleh pemerintah Hindia Belanda bagi para Mardijkers yang telah dibebaskan dari tawanan perang. Saat ini daerah Kampung Tugu termasuk dalam wilayah Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Kampung Tugu menjadi tempat berkumpulnya orang Portugis. Kini Kampung Tugu menjadi tempat wisata budaya dan sejarah di mana sanggar keroncong dilestarikan.

Rumah Pitung

rumah-pitung

 

Jika ingin merasakan suasana Jakarta yang berbeda dengan latar sejarah, maka berkunjung ke Rumah Pitung adalah hal yang tepat. Rumah Pitung terletak di kawasan Wisata Kebaharian, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Rumah dengan gaya arsitektur panggung ini berada tepat di pinggir pantai Marunda, jadi selain menikmati aroma Robin Hood Betawi, kita juga bisa menikmati suasana pantai Jakarta.