Olahraga

5 Fakta Unik Piala Dunia, Apa Saja?

Perhelatan Piala Dunia 2018 tinggal satu minggu lagi, euforia penantian pesta sepak bola terbesar ini semakin terlihat. Rusia vs Arab Saudi akan menjadi pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 pada Kamis, 14 Juni 2018, di Stadion Luzhniki. Rusia yang menjadi tuan rumah diunggulkan dalam pertandingan ini.

Sponsored Links

Dari gegap gempita penyambutan Piala Dunia 2018, Lanang Indonesia merangkum 5 Fakta Unik Piala Dunia, apa saja?

Ditonton 3,2 Miliar Pasang Mata

Berdasarkan data FIFA, hampir 3,2 miliar penduduk dunia menonton pertandingan Piala Dunia. Hampir separuh populasi dunia, yakni 7 miliar penduduk. Dari jumlah tersebut, 2 miliar penduduk menonton tiap pertandingan dengan durasi lebih dari 30 menit.

Tak Ada Seks Selama Piala Dunia

Beberapa Negara peserta Piala Dunia melarang para pemainnya untuk melakukan seks. Beberapa negara tersebut antara lain adalah Jerman, Meksiko dan Chili.

Ledakan Populasi

Salah satu fakta mencengangkan soal Piala Dunia adalah ledakan jumlah populasi penduduk Negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Salah satu contohnya adalah Jerman, di mana, setelah 9 bulan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, jumlah penduduk Jerman bertambah sebesar 10%. Angka tersebut merupakan terbesar dalam sejarah dan jauh lebih besar dari fenomena ketika Jerman bergabung dengan Uni Eropa pada 2006.

Khasiat Pelatih Lokal

Salah satu mitos yang masih bergulir dalam perhelatan Piala Dunia adalah pelatih dengan kewarganegaraan yang sama dengan Negara yang dilatihnya akan selalu keluar menjadi juara Piala Dunia. Kita sebut saja Jerman oleh Joachim Low (2014), Spanyol oleh Vicente del Bosque (2010), Italia oleh Marcello Lippi (2006), Brasil oleh Luiz Felipe Scolari (2002) dan Prancis oleh Aime Jacquet (1998). Tren itu pun sepertinya masih akan terus berlanjut mengingat sebanyak 21 dari 32 negara peserta Piala Dunia 2018 ditangani oleh pelatih lokal.

Juara Bertahan Merosot

Salah satu fakta ajaib adalah melempemnya prestasi para juara bertahan. Kita bisa melihat Prancis yang tak lolos fase grup di Piala Dunia 2002 dan Brasil yang gugur pada fase perempat final pada Piala Dunia 2006, serta Italia yang tak lolos fase grup pada Piala Dunia 2010. Jerman yang juga diunggulkan pada Piala Dunia 2018 semoga tak mengulangi catatan buruk para pendahulunya.

Itulah beberapa rangkuman menarik seputar fakta Piala Dunia, lalu negara mana yang sobat lanang unggulkan kali ini?