Gaya Hidup

5 Fungsi Penting Yoga Untuk Pria

Kita mungkin menganggap yoga terlalu lembut bagi pria, namun bukankah olahraga tak mengenal gender? Yoga sendiri merupakan olahraga yang termasuk dalam kategori latihan fleksibilitas. Olahraga ini banyak disukai kaum hawa oleh karena gerakan-gerakannya yang terlihat indah, atmosfernya jauh dari kesan kompetitif dan dapat memberikan efek relaksasi.

Di negara asalnya, India, yoga sendiri lebih luas dinikmati baik oleh pria atau wanita. Menurut Ahli Gizi dan Fitness Educator, Jansen Ongko, yoga punya banyak sekali manfaat untuk pria. Lalu apa saja sih manfaatnya? Bagi kalian yang belum tahu, berikut ini ceritanya:

Stres

Yoga tidak sekedar melakukan pose-pose tertentu saja, tetapi juga mengajarkan cara bernapas yang benar. Dengan belajar mengatur napas dan menenangkan pikiran Yoga terbukti ampuh menurunkan tingkat stres seseorang.

Libido

Latihan fleksibilitas terhadap tubuh jelas bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh terasa lebih bugar.

“Tubuh yang bugar akan membuat stamina seorang pria menjadi lebih tinggi dan lebih percaya diri terlebih soal libido,” ujar Jansen.

Pemulihan

Tak hanya melenturkan tubuh dan sendi-sendi, yoga juga bisa menjadi kompensasi tubuh terhadap olahraga angkat beban yang membuat otot terasa kaku.

“Latihan fleksibilitas membantu mempercepat pemulihan karena lancarnya sirkulasi darah tubuh kita,” lanjutnya.

Konsentrasi

Banyak yang yakin bahwa kemampuan otak dalam jangka panjang akan meningkat bagi para pelaku yoga. Dengan pikiran yang lebih tenang, seseorang dapat menyaring dan memroses informasi yang masuk secara lebih baik.

“Pikiran yang tenang juga membuat kemampuan konsentrasi meningkat,” ucap Jansen.

Otot & Gerak

Beberapa pose yoga membutuhkan kekuatan otot yang besar. Ini artinya dengan berlatih yoga akan meningkatkan massa otot kita. Peningkatan massa ototnya memang tidak bisa dibandingkan dengan latihan angkat beban, tetapi yoga sangat cocok bagi pria yang menginginkan tubuh yang proporsional dengan tak terlalu banyak otot.

Yang paling menarik adalah yoga mampu mengatasi berbagai masalah postur tubuh yang ringan akibat kebiasaan buruk sehari-hari. Dengan melakukan Yoga secara rutin maka kebiasaan-kebiasaan buruk saat berdiri dan duduk dapat dikurangi. Tak ada diskriminasi gender dalam perjalanan menuju sehat, lakukan apa pun olahraga yang memang akan membuat kualitas hidup kita lebih baik.