Traveling

5 Gunung Wajib Didaki Di 2018

Tak terasa tahun 2017 sudah berakhir, banyak hal yang dilewati selama 2017. Salah satunya adalah mendaki gunung, belakangan memang kegiatan mendaki gunung sudah menjadi aktivitas yang umum dilakukan oleh semua orang, terutama anak muda.

Agar tahun 2018 semakin berkesan, Lanang Indonesia merekomendasikan 5 gunung yang wajib didaki di tahun 2018. Apa saja? check it out bro!

Gunung Pulosari

pul

Gunung ini adalah gunung berapi di Kabupaten Pandeglang, Banten, dengan ketinggian ketinggian 1.346 mdpl. Gunung Pulosari memang tak cukup populer di kalangan pendaki, tapi Gunung ini punya pemandangan yang berbeda, selama mendaki kita akan menemui banyak peninggalan situs kuno peninggalan kerajaan Sunda.

Gunung Slamet

sla

Gunung Slamet dengan tinggi 3.428 mdpl merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah. Dan tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Meski tak sepopuler Sumbing, Sindoro dkk, namun Gunung Slamet punya prestisius tersendiri untuk didaki.

Gunung Raung

rau

Jika anda ingin mendapatkan tantangan baru, maka Gunung Raung akan memberikannya. Tapi jika ingin mendaki pastikan perlengkapan dan kemampuan mendaki anda sudah memadai. Gunung Raung merupakan gunung berapi aktif yang berada dalam jajaran Pegunungan Ijen dan merupakan puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut.

Gunung dengan tinggi 3.344 mdpl ini mempunyai kaldera di puncaknya berbentuk lingkaran. Kaldera Raung merupakan kaldera kering terbesar di Pulau Jawa dan kaldera terbesar kedua setelah Gunung Tambora. Setidaknya, Terdapat empat titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan, yang tertinggi, Puncak Sejati (3.344 mdpl). Untuk mendaki Raung membutuhkan beberapa skill tersendiri dari gunung-gunung lain di Indonesia seperti manajemen air, tali-temali dan teknik panjat tebing.

Gunung Kerinci

ker

Bosan dengan pemandangan Gunung di Pulau Jawa? Gunung Kerinci bisa anda coba. Gunung yang berada di Provinsi Jambi dengan ketinggian 3.805 mdpl, ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau Sumatra dan badak Sumatra. Gunung dengan predikat tertinggi kedua di Indonesia setelah Jaya Wijaya, Papua, ini memberikan pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas dari puncaknya.

Gunung Tambora

tam

Jika ingin mencari gunung dengan sejarah yang hebat maka Tambora adalah jawabannya. Berbeda dengan Rinjani yang menyajikan keindahan selama  pendakian, Gunung dengan ketinggian 2.850 mdpl ini akan memberikan eksotisme dan riwayat yang besar. Gunung Tambora yang berada di Pulau Sumbawa, NTB, pernah membuat dunia merana. Ketika meletus pada puncaknya di tahun 1815, Letusannya terdengar hingga pulau Sumatra, abu vulkanik jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. 

Lebih dari itu, letusan gunung ini menyebabkan perubahan iklim dunia. Satu tahun berikutnya pada 1816, sering disebut sebagai Tahun Tanpa Musim Panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa karena debu yang dihasilkan dari letusan Tambora ini. Bahkan karena perubahan iklim dunia ini menyebabkan Napoleon Bonaparte kalang dalam perang. Itulah 5 gunung rekomendasi dari Lanang Indonesia, mana yang mau didaki terlebih dahulu?

ARTIKEL TERKAIT