Etika

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan

Begadang, cuek dengan makanan, malas bangun pagi dan pasti masih banyak lagi daftar jika kita sudah membahas kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh banyak kaum pria. Dari sekian banyak kebiasaan buruk tersebut Lanang Indonesia akan mengambil 5 kebiasaan buruk yang sejujurnya cukup mengganggu lingkungan kita.

Karena efeknya yang bisa sampai keluar dari lingkup personal maka 5 kebiasaan buruk ini ada di daftar teratas yang sebaiknya segera dihentikan. Tak hanya masalah, di artikel ini kami juga akan memberikan cara mengatasinya. Lalu apa saja kebiasaan buruk tersebut?

Masalah Permen Karet

Permen karet mungkin banyak disukai karena umumnya tekstur mereka bisa terasa lebih membersihkan mulut dan beberapa rasa mint mampu membuat aroma mulut lebih segar, tapi percayalah mengunyah permen karet akan membuat kita terlihat lebih childish daripada keren. Tahun 90-an mungkin oke saja, hari ini? Just don’t bro, just don’t!

Solusi : Seperti merokok, kebiasaan mengonsumsi permen karet agak sulit dihilangkan. Pada akhirnya kalian harus mengonsumsi jenis permen lain. Permen mint tablet biasa akan menjadi alternatif lebih baik karena tak akan menghasilkan suara-suara kunyahan seperti permen karet.

Si Tukang Telat

Tidak ada orang yang ingin banyak terlibat urusan dengan pria yang memiliki jam tangan lebih lambat dari jam tangan kebanyakan. Kebiasaan telat dalam janji, meeting atau bahkan kegiatan reguler seperti masuk kantor jelas akan merugikan orang lain. Menariknya orang-orang yang gemar telat ini selalu memiliki alasan ketika ditanya.

Solusi: Paling mudah adalah menyetel semua penunjuk waktu yang biasa kalian gunakan di rumah dan kantor lebih cepat 30 menit. Hal ini pun harus dilakukan orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

Speeding

Bahasa mudahnya adalah kebut-kebutan di jalan. Kita punya motor atau mobil dengan performa di atas rata-rata, kemampuan berkendara kita juga mungkin lebih baik dari orang kebanyakan, tapi itu semua bukan alasan untuk kebut-kebutan di jalan. Kecelakaan yang bisa terjadi akan membahayakan nyawa kita dan juga orang lain. Lagi pula tak ada yang bisa dibanggakan dari membalap tukang tahu di jalan raya.

Solusi: Akomodasi jiwa racing kalian dengan orang lain yang juga gila dengan kecepatan. Eksekusi hobi ini di sirkuit yang bisa disewa bersama.

Kurang Tidur

Mungkin masih banyak hal-hal seru yang ingin kita lakukan sepulang kerja di rumah, mulai dari main game, browsing atau sekedar kumpul bersama teman-teman. Aktivitas-aktivitas ini selalu akan berujung dengan kurang-nya waktu tidur kita dan menghasilkan lelah keesokan harinya. Mata kantuk tak hanya membuat kita terlihat tidak profesional tapi juga rendahnya produktivitas di kantor.

Solusi: Begadang total bisa saja dilakukan pada akhir pekan, tapi biasanya akan tetap mempengaruhi siklus siang malam kita di hari berikutnya. Maka hampir dipastikan tidak ada alternatif lain yang bisa menjadi pengganti begadang.

Genit Masteng

Flirting memang sesekali diperlukan untuk mendekati wanita yang kita sukai, namun tetap ada pakem-pakemnya. Menjadi genit kepada banyak wanita hanya akan membuat kita tampak murahan, maka sebaiknya pilih-pilihlah siapa dan kapan kita harus genit. Masteng yang merupakan singkatan gaul dari mas-mas tengil/tengik merujuk pada satu kata yaitu kampungan.

Solusi: Kendalikan diri dengan berkonsultasi pada teman yang terlihat lebih dewasa dan berkelas.

Itulah daftar kebiasaan yang sebenarnya mengganggu lingkungan kita sehari-hari. Lupakan jargon “Be Yourself” dan ganti dengan “Be The Best Of Yourself.”