Karier

5  Kesalahan dalam Public Speaking

Kemampuan untuk bisa berbicara di depan publik sudah menjadi salah satu skill yang harus kita kuasai dalam dunia kerja hari ini. Tak hanya menjadi tanggung jawab divisi humas di kantor, karena apapun job desk kalian kecakapan dalam presentasi akan mengakselerasi karier.

Presentasi yang canggung dan penjelasan yang tidak mengena kepada calon klien bisa berpengaruh buruk pada hasil meeting. Paling penting adalah kita harus tahu apa saja hal yang bisa meruntuhkan sebuah presentasi. Lalu apa saja sih yang berpotensi meruntuhkan presentasi kalian? Pelajari dengan cermat poin-poin brikut bro!

Ketergantungan pada Powerpoint

Membawa bahan presentasi memang penting, tapi ketika terlalu mengandalkan powerpoint sebagai bahan bacaan hanya akan membuat kalian terlihat tidak menguasai permasalahan. Anggaplah powerpoint kalian hanya panduan, tidak lebih.

Tegang  

Semangat sangat penting saat berbicara di depan publik, maka gunakan energi ini untuk menangkal ketegangan karena takut salah selama di atas panggung. Saat tegang, gestur tubuh kita akan dengan alami keluar dan audiens akan sadar sembari kasihan.

Terlalu Lama

Sebelum eksekusi sebaiknya kalian evaluasi estimasi waktu yang akan kalian habiskan selama presentasi. Ketika terlalu lama presentasi kalian akan jadi membosankan dan ini berbahaya. Tapi ketika kalian sadar audiens tertarik dengan presentasi kalian, puaskan mereka.

Quick Tips: Selalu simpan template bahan karena variasi presentasi dalam satu job desk tidak akan terlalu banyak.

Kurang Persiapan

Ibarat seorang performer, semua harus benar-benar sempurna di atas panggung. Kesalahan cenderung banyak terjadi ketika kalian membuat presentasi mendadak. Jika memang tidak terlalu urgent, sebaiknya minta wakil rekan kerja untuk menggantikan.

Gagal Bangun Chemistry

Ikatan batin sesaat sangat penting dibangun selama presentasi, karena ketika audiens tidak tertarik dengan presentasi kita di menit-menit awal maka itu akan terus terjadi sampai selesai.

Quick Tips: Buatlah unsur kejutan di pembukaan untuk menarik perhatian audiens.

Itu bro lima hal yang harus kalian kenali sebelum benar-benar tampil di depan publik. Inti terpenting adalah kalian tahu siapa publiknya dan bagaimana mengemas presentasi yang adaptif. Latihan berulang-ulang dari kesalahan juga akan membuat kalian lebih matang dalam ber-publik speaking.