Karier

5 Kesalahan Fatal Fresh Graduate Dalam Dunia Kerja

Dalam dunia kerja pasti istilah fresh graduate sudah tak asing lagi, istilah ini digunakan bagi mereka yang baru saja lulus dari dunia perkuliahan dan coba merangkak soal karier.

Banyak fenomena menarik yang terjadi seputar fresh graduate, mulai dari standar gaji sampai imajinasi jabatan. Karena minimnya pengalaman, banyak di antara fresh graduate yang melakukan kesalahan sehingga menyebabkan karier menjadi macet.

Idealis

Idealis | Ist.

Asas sama rasa sama rata dalam dunia kampus sepertinya masih akan tertanam beberapa waktu setelah lulus kuliah. Hal ini pun akan membuat para fresh graduate merasa jika idealisme adalah hal yang paling mewah untuk ditonjolkan dalam dunia kerja tanpa memperhatikan sekitar.

Idealis yang kuat memang bagus namun juga harus tetap realistis, dari situ kita akan belajar bagaimana memantapkan kaki dalam melangkah.

Kerja Keras

Lebih banyak mendapat hal-hal indah dunia kerja daripada kepahitannya membuat para fresh graduate lupa jika perjuangan yang akan dilaluinya tidaklah mudah.

Seringkali antara impian dalam karier dan usaha untuk mencapainya tak seimbang. Dalam hal ini hukum alam “Jika kita ingin lebih maka kita harus berusaha lebih” berlaku untuk kita.

Asal Kerja

Jalan terjal yang menguji kesabaran para fresh graduate saat mencari kerja sering berujung pada rasa putus asa. Tuntutan keluarga untuk segera bekerja ditambah subsidi yang telah dicabut membuat banyak fresh graduate akhirnya mencari kerja secara abstrak dan tak sesuai disiplin ilmu yang dijalani.

Hal itu tentu saja akan membuat seseorang menjalani pekerjaan dengan tidak maksimal karena latar belakang yang berbeda.

Rencana

Merasa masih muda dan masih punya banyak waktu adalah anggapan yang terbukti fatal yang dilakukan oleh fresh graduate.

Anggapan ini membuat para fresh graduate lupa untuk menyiapkan amunisi atas rencana karier yang ingin dicapai.

Inisiatif

Inisiatif dalam dunia kerja sangatlah perlu untuk dilakukan. Seorang pemimpin adalah mereka yang mempunyai inisiatif bagus. Jika kita miskin akan inisiatif maka kita hanya akan menjadi seorang karyawan yang bekerja berdasarkan perintah. 

So, jika merasa seperti itu, mari kita segera perbaiki sebelum terlambat dan karier menjadi terhambat.