Kesehatan

5 Kesalahan Kita Saat Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah salah satu kegiatan sanitasi untuk membersihkan tangan dengan air ataupun cairan lainnya agar menjadi bersih dan yang lainnya. Sobat lanang tentunya juga sering melakukan hal ini untuk kebersihan bukan?

Kebiasaan sehat untuk mencuci tangan sendiri baru populer di abad 19, ketika ternyata mencuci tangan sukses menurunkan angka penularan penyakit. Namun meski sudah ada lama, tapi masih banyak dari kita yang melakukan kesalahan saat mencuci tangan, apa saja?

Terlalu Sebentar

Lamanya saat mencuci tangan sangat mempengaruhi efektivitas dalam membersihkan kuman. Penelitian terbaru dari Michigan State University mengungkapkan jika 95 persen orang kurang lama dalam mencuci tangannya sehingga tak efektif membunuh kuman penyakit. Menurut penelitian, rata-rata orang mencuci tangannya hanya enam detik. Sebesar 15 persen laki-laki dan 7 persen perempuan bahkan tak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi.

Lupa Sela-sela Jari

Mencuci tangan tak hanya cukup dengan mengusap bagian telapak tangan. Padahal bagian sela-sela jari tangan merupakan bagian yang banyak dihuni oleh kuman. Oleh sebab itu membersihkan sela jari ketika mencuci tangan sangatlah penting.

Tak Mengelap Sampai Kering

Mencuci tangan dengan baik pun akan menjadi sia-sia jika kita mengelapnya sampai kering. Seperti diketahui, kulit yang lembab akan sangat disukai oleh kuman untuk bersarang. Jika sudah selesai mencuci tangan disarankan untuk menggunakan tisu daripada hand dryer, karena lebih efektif mengeringkan kulit. Jika tak ada maka gunakan lap yang masih bersih dan kering.

Hanya Setelah Dari Kamar Mandi

Perpindahan kuman bisa terjadi kapan saja, apalagi tangan adalah bagian yang paling sering bersentuhan dengan banyak benda. Jangan mencuci tangan hanya jika setelah dari kamar mandi, tapi kapan pun, sebelum makan dan setelah beraktivitas pastikan untuk mencuci tangan. Jika terasa sulit, bawalah hand sanitizer agar mudah untuk membersihkan tangan di manapun.

Cukup Pakai Air

Banyak yang merasa membersihkan tangan dengan air sudah cukup. Jangan sampai beranggapan seperti ini. Menggunakan cairan pembersih akan jauh lebih efektif, sabun atau hand sanitizer bisa secara efektif membersihkan tangan.

Mencuci tangan dengan baik akan menjaga kita tetap sehat dan menjadi pribadi yang punya kebersihan baik. Pria sejati harusnya tahu bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Selamat beraktivitas guys!