News

5 Kota Paling Nyaman Untuk Dihuni Di Indonesia

Kota, apa yang akan langsung terbesit dari benak kalian jika mendengar kata kota? Modern, ramai atau bahkan sumpek? Berbagai interpretasi pasti bermunculan jika kita membicarakan kata “Kota”. Indonesia sendiri sebagai Negara dengan 34 provinsi memiliki 98 kota di dalamnya. Ikatan Ahli Perencanaan atau IAP baru saja merilis Most Livable City Index 2017. Lalu kota mana saja yang layak huni?

Kota yang sejatinya merupakan kawasan pemukiman dengan dominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri untuk menunjang kenyamanan dan perkembangan kota itu sendiri. IAP sebagai organisasi yang mengatur dan meneliti masalah perkotaan tentu menarik jika ia merilis daftar kota ternyaman yang layak untuk dihuni di Indonesia.

Berdasarkan hasil survei Indonesia Most Livable City Index 2017 oleh Ikatan Ahli Perencanaan, sebanyak 40% masyarakat tidak nyaman tinggal di kota yg mereka tinggali. Survei tersebut dilakukan di 19 provinsi dan 26 kota di Indonesia. Dengan begitu mungkin sobat lanang bisa menghilangkan galau akan keinginan untuk tinggal dan bekerja di kota mana. Jangan sampai kata menyesal hinggap saat menetap di sebuah kota.

Most Livable City Index sendiri memiliki beberapa indikator dalam menilai kelayakan kota-kota di Indonesia. Mulai dari pengelolaan air bersih, ketersediaan pangan, fasilitas peribadatan, fasilitas pendidikan, keselamatan kota, pengelolaan air kotor dan drainase, fasilitas kesehatan, transportasi, fasilitas pejalan kaki, dan informasi pembangunan, serta tingkat partisipasi masyarakatnya.

Selain itu   Most Livable City Index juga memiliki tujuh prinsip dalam melakukan penilaian ini. Prinsip-prinsip tersebut adalah kualitas lingkungan, sosial dan budaya kota, dukungan fungsi ekonomi, partisipasi masyarakat dalam pembangunan, ketersediaan ruang publik, keamanan dan keselamatan. Lalu ketersediaan kebutuhan dasar dan fasilitas sosial.

Dari penilaian tersebut munculah daftar-daftar kota ternyaman untuk dihuni, mana saja?

Solo

Jika sobat lanang warga Solo, patut berbangga karena kota Solo meraih peringkat pertama sebagai kota yang paling nyaman di Indonesia. Solo mendapat indeks yang di atas rata-rata yakni 66,9 persen. Meskipun tertinggi, namun sebenarnya terjadi penurunan dibanding periode sebelumnya yang mencapai 68,9 persen.

Palembang

Sponsored Links

Balikpapan

Diposisi ketiga diisi oleh Balikpapan yang merupakan ibukota Kalimantan Timur. Balikpapan memiliki perekonomian terbesar di seantero Kalimantan, dengan total PDRB mencapai Rp79,65 triliun pada tahun 2016. Sangat wajar perkembangan kotanya cukup baik ditambah masyarakatnya yang masih memegang adat istiadat. Balikpapan sendiri meraih indeks 65,8 persen dalam Most Livable City 2017.

Denpasar

Diposisi keempat diisi oleh Denpasar sebagai ibukota Bali. Kota yang menjadi saksi ramainya lalu lalang wisatawan ini meraih indeks sebesar 65,5 persen. Pertumbuhan industri pariwisata di Pulau Bali mendorong Kota Denpasar menjadi pusat kegiatan bisnis, dan menempatkan kota ini sebagai daerah yang memiliki pendapatan per kapita dan pertumbuhan tinggi di Provinsi Bali. Pemerintah sendiri akan menempatkan Denpasar bersama Medan dan Makassar menjadi kota metropolitan baru selain Jakarta.

Semarang

Lalu diposisi kelima diisi oleh Semarang. Indeks yang diraih oleh Semarang sebesar 65,4 persen. Sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa. Peringkat ini memberi catatan baru pada Semarang dimana sebelumnya ia hanya cukup dengan raihan indeks di kisaran 50 persen. Sebuah perkembangan yang cukup bagus.

Ya itulah daftar kota yang nyaman untuk dihuni. Manakah yang akan sobat lanang pilih? Untuk Jakarta sendiri harus puas masuk rata-rata bersama Pekalongan (64,7), Bandung (63,6), Yogyakarta (63,6), Malang (63,5), Surabaya (63,2), Bogor (63,2), Palangkaraya (62,9) dan Manado (62,5).

Selain itu Kota-kota yang masuk dalam peringkat tertinggi mempunyai karakter lokal yang kuat dan preservasi karakteristik tradisional kental. Kelayakan dan kenyamanan sebuah kota tentunya akan menentukan kualitas masyarakatnya.