Karier

5 Langkah Mudah Perbaiki Reputasi Buruk

Kita pasti pernah melakukan kesalahan dan itu biasa terjadi untuk semua orang. Namun terkadang kita tak pernah tahu sejauh mana dampak kesalahan tersebut. Mungkin yang paling menyebalkan adalah ketika kesalahan tersebut ternyata menghancurkan reputasi diri yang telah kita bangun cukup lama. Lalu bagaimana memperbaikinya?

Reputasi buruk memang bisa merusak karier, asmara, bahkan kehidupan pribadi. Tapi jangan resah dulu bro, anda tak sendiri banyak orang lain mengalami hal yang sama dan mampu bangkit. Langkah-langkah berikut ini bisa anda terapkan.

Pahami Keadaan

Melihat sekitar dan memahami keadaan adalah hal yang paling pertama untuk dilakukan. Selain menjadi penentu tindakan apa yang harus kita ambil. Melihat sekitar dan memahami keadaan juga akan membuat kita lebih matang dan dewasa dalam bersikap. Sejauh mana dampaknya, di mana kesalahannya, dan bagaimana orang lain melihatnya adalah hal penting yang harus anda ketahui.

Minta Saran

Mencari sudut pandang baru terhadap suatu permasalahan adalah pilihan tepat. Ini akan menjadi masukan sendiri bagi anda tentang apa yang terjadi dan bagaimana seharusnya. Meminta saran dan pandangan dari orang kedua, dan teman terpecaya dapat memberikan anda sudut pandang lebih seimbang.

Luruskan Persepsi

Seringkali reputasi diri rusak karena bola liar yang dimainkan oleh orang-orang. Dalam hal ini adalah gosip atau informasi keliru mengenai kesalahan yang menimpa anda. Kita harus dengan tegas mendekati orang-orang yang menyebarkan gosip dan menjelaskan situasi yang sebenarnya. Ini adalah langkah tepat untuk meluruskan persepsi semua orang atas apa yang sebenarnya terjadi. Jangan pernah beranggapan jika suatu masalah akan menghilang dengan sendirinya. Justru kita semakin membiarkan orang lain berimajinasi atas kesalahan kita sendiri.

Akui Kesalahan

Langkah jantan pertama yang harus dilakukan adalah mengakui semua kesalahan yang ada. Mungkin akan terasa berat, tapi mengakui kesalahan akan membuat masalah bisa menjadi lebih baik. Selain itu anda sedikit banyaknya telah menunjukkan integritas dan karakter diri. Dan anda akan dihormati oleh orang lain karena telah berani untuk bertanggung jawab.

Sponsored Links

Tindakan Positif

Hal terakhir yang harus dilakukan untuk menjaga reputasi baik adalah dengan konsisten menerapkan perilaku positif. Entah besar maupun kecil, setiap hal positif yang dilakukan bisa membuat anda menjadi sosok yang menyenangkan. Anda harus melakukan hal-hal baik dengan konsisten, tanpa mencari pengakuan dan pencitraan. Konsistensi yang tulus itu sangat penting untuk mengembalikan reputasi Anda kembali. Selamat mencoba dan selamat beraktivitas guys!