Kesehatan

5 Makanan yang Bikin Kolesterol Meningkat

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh banyak disebabkan oleh pilihan makanan yang tak tepat. Kini penyakit kolesterol pun banyak dialami oleh kalangan muda. Batas maksimal kolesterol yang aman di tubuh kita sendiri 300 gram, lebih dari itu akan berpotensi mengundang hipertensi, diabetes, bahkan  serangan jantung.

Seperti dilansir Boldsky, Rabu (21/02/2018), Agar sobat lanang bisa terhindar dari kolesterol, sebaiknya kurangi porsi makanan di bawah ini. Apa saja?

Kerang

Tak ada bedanya seperti udang dan lobster, kerang juga merupakan makanan laut yang mengandung jumlah kolesterol tinggi. Belum lagi saat proses pengolahan kerang kerap menggunakan bahan yang kurang ramah terhadap kesehatan. Selain itu, kerang yang diambil dari laut kurang bersih berisiko tercemar merkuri. Oleh sebab itu, meskipun punya rasa yang enak cobalah untuk mengurangi makanan ini.

Es Krim

Makanan yang lezat dan manis ini sepertinya memang sulit dihindari, hampir di tiap acara es krim selalu ada. Baik anak-anak dan dewasa suka dengan es krim. Tapi nyatanya kandungan minyak nabati yang terhidrogenasi dan susu tinggi lemak, mampu menaikkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu kadar kalori dan gula yang sangat tinggi bisa membawa masalah kesehatan.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji yang menjadi idola masyarakat urban karena kepraktisannya memang tak baik untuk kesehatan. Proses pengolahan yang banyak menggunakan minyak trans bisa meningkatkan lemak jahat dalam tubuh. Selain itu kadar gizi yang rendah membuat makanan ini hanya seperti penghilang lapar. Bahkan dalam beberapa penelitian disebutkan jika terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji bisa memicu aktifnya sel kanker.

Mentega

Mentega yang digemari untuk menggantikan peran minyak goreng ternyata memiliki lemak trans yang tinggi serta sodium yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Lemak trans sendiri minyak yang diolah melalui penambahan hidrogen ke dalam mentega yang disebut hidrogenasi parsial. Pengolahan ini dilakukan untuk meningkatkan stabilitas oksidatif agar tak mudah mengalami proses oksidasi. Diperkirakan mentega memiliki kandungan lemak trans rata-rata sebanyak 2,5 persen. Hal ini jelas bisa juga memicu penyakit jantung koroner.

Daging Merah

Dalam daging merah ternyata banyak kandungan lemak jenuh. Lemak ini bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi pun jadi jaminan. Jika sobat lanang menggemari daging, disarankan untuk menyantap dada ayam karena kadar kolesterolnya relatif rendah, dibandingkan dengan bagian daging yang lainnya.

Itulah beberapa makanan yang ternyata kurang baik dan bisa mendatangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pola hidup dengan tubuh yang sehat tentu lebih mengasyikkan daripada nikmatnya makanan, bukan? Selamat beraktivitas sobat lanang semua.