Terkini

5 Museum Baru Wajib Dikunjungi

Museum adalah salah satu alasan wisatawan mengunjungi suatu negara. Banyak museum dunia yang dikenal luas seperti Madame Tussaud, Louvre, British Museum dan Egyptian Museum. Namun ada beberapa museum baru di berbagai negara yang wajib dikunjungi tahun ini.

Sponsored Links

Museum yang dibuka pada November 2015 ini menampilkan koleksi seni modern Asia Tenggara terbesar di dunia. Bangunan dengan luas 64.000 meter persegi tersebut dibangun dalam waktu 10 tahun dan menelan biaya sebesar Rp. 5,1 triliun. Di dalamnya terdapat lebih 8.000 karya seni dari abad ke-19 dan 20 dalam berbagai bentuk, baik itu lukisan, patung, foto dan video.

Seniman yang karyanya dipamerkan antara lain tokoh seni modern seperti Raden Saleh dari Indonesia maupun Fernando Amorsolo dan Imelda Cajipe-Anday dari Filipina.

FIFA World Football Museum, Swiss

Museum Sepakbola Dunia yang terletak dekat markas besar FIFA ini memiliki 3 lantai dengan luas sekitar 3.000 meter persegi dan menghabiskan biaya hingga Rp. 1,9 triliun. Museum ini menampilkan koleksi piala, kaos sepak bola, game interaktif, dan aneka informasi tentang sejarah sepak bola dunia. Museum baru FIFA ini akan dibuka untuk umum pada 28 Februari 2016.

Folk Art Museum, China

Museum yang menampilkan seni budaya dan edukasi ini berada di provinsi Hangzhou, Cina, dengan luas bangunan 53.496 meter persegi. Museum ini diprakarsai oleh China Academy of Arts dan menelan biaya sebesar 5 juta Yuan. Keunikan bangunan ini ada pada material bangunannya yang didominasi jaring kawat berwarna hitam dan bentuknya yang zig-zag.

National Blues Museum, Amerika

Berlokasi di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, Museum ini telah dibuka pada akhir 2015 lalu. Pencinta musik Blues akan memiliki alasan untuk tersenyum lebar ketika Museum Blues Nasional dibuka untuk publik di St. Louis. Museum ini didukung oleh banyak musisi blues legendaris, mulai dari Buddy Guy hingga John Goodman. Kompleks seluas 16.000 meter persegi ini berisi ruang pameran interaktif dan teater yang memiliki 100 kursi.

Palestinian Museum, Yerusalem

Museum ini berada di tanah bersejarah Yerusalem dan akan dibuka pertama kali pada 15 Mei 2016 mendatang. Museum ini menelan biaya sekitar 30 juta dolar Amerika dengan luas 3.800 meter persegi. Museum Palestinian tersebut akan menampilkan kebudayaan dan sejarah tanah Palestina sejak dua abad silam. Keistimewaan bangunan ini ada pada desainnya yang menonjolkan lekukan-lekukan dan sudut yang asimetris namun terlihat begitu indah dan bernilai seni yang tinggi.